Update / Upgrade OS Android Langsung di HP Tanpa PC

Upgrade OS Android

Sebelum masuk ke pembahasan cara update/upgrade OS android langsung di hp atau tablet pc, penulis sedikit membagikan info tentang android ini.

Nah android itu apa sih ? Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencangkup sistem operasi, middleware dan aplikasi.

Sekitar September 2007 Google mengenalkan Nexus One, salah satu jenis smartphone yang menggunakan Android sebagai sistem operasinya.

Telepon seluler ini diproduksi oleh HTC Corporation dan tersedia di pasaran pada 5 Januari 2010. Pada Desember 2008, diumumkan anggota baru yang bergabung dalam program kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Thosiba Corp, dan Vodafone Group Plc.

Seiring pembentukan Opne Handset Alliance, OHA mengumumkan produk perdana mereka, Android, perangkat mobile merupakan modifikasi karnel Linux 2.6.

Sejak Android dirilis telah dilakukan berbagai pembaruan berupa perbaikan bug dan penambahan fitur baru sampai saat sekarang.

versi android :
– Android 1.0 & 1.1 (API level 1, yang paling pertama release)
– Cupcake 1.5
– Donut 1.6
– Eclair 2.0 dan 2.1
– Froyo 2.2–2.2.3
– Gingerbread 2.3–2.3.2 dan 2.3.3–2.3.7
– Honeycomb 3.0, 3.1, dan 3.1
– Android Ice Cream Sandwich 4.0–4.0.2 & 4.0.3-4.0.4
– Jelly Bean 4.1, 4.2 & 4.3
– KitKat versi 4.4
– Android 5.0 Lollipop
– Android 6.0 Marshmallow

Oke,untuk melakukan update/upgrade OS android , terlebih dahulu anda harus tahu memakai OS Android apa? makdsudnya versi android berapa.selain itu apakah versi yang anda gunakan masih tersedia yang terbarunya atau mungkin sudah tidak diperbaharui lagi oleh Google Inc.

Yang merupakan pemilik sah brand ini saat ini, ya mungkin karena dianggap sudah jadul dan lebih memilih mengembangkan yang tipe lainnya.

Sebut saja untuk type Kitkat,di tahun 2015 tidak lagi disediakan upgradenya. Jika sudah melakukan identifikasi pada dua hal tersebut maka barulah bisa melakukan upgrade.

Tapi sejatinya yang membuat update dari aplikasi ini dari Google sendiri hanya saja tergantung dengan vendor yang menjual HP tersebut, apakah versi terbarunya juga termasuk dalam pembelian atau tidak, jika tidak maka mungkin akan ada ketentuan lain bagi penggunanya, apakah berbayar atau gratis.

Sebenarnya untuk mengupgrade android tidaklah harus mengikuti langkah-langkah yang rumit ,cukup dengan satu kali pengaturan dan selanjutnya akan update otomatis dengan syarat koneksi dengan internet. berikut caranya :

Masukan ke settingan (pengaturan) lanjut ke About / Tentang

Pilih pada about/tentang perangkat,pilih update sofware,hilangkan tanda pada pengaturan update pakai wifi/wifi saja.

Pilih pada perbarui,tunggu beberapa saat untuk cek os,nanti jika os android anda tersedia,maka akan ada tampilan os baru,ketika ada tampilan os baru,pilih perbarui perangkat atau update.

Jika berhasil,maka tunggu sekitar 5-10 menit,smartphone anda akan restart,tinggal tunggu proses sampai selesai,setelah update selesai pada os biasa di widget android juga akan bisa di perbahui /update.

Langkah terakhir yang anda lakukan adalah tinggal klik oke dan download.tunggu sampai semua update 100% maka sekarang smartphone anda sudah selesai upgrade,anda bisa cek versi os anda,dengan memilih pengaturan>>>tentang perangkat>>>>lihat pada bagian bawah,biasa akan tertulis disana.

Beberapa hal yang penting perlu diperhatikan ketika ingin melakukan update os android :

Baterai ; pastikan smartphone atau tablet pc anda baterai di dalam keadaan baterai full .(jika takut baterai habis sebelum proses update dan donwload os selesai,silahkan charger perangkat sambil update os)

Mode jaringan : pilih mode jaringan koneksi internet tercepat,

Setting apn ; pastikan ketika di jaringan 3G .koneksi 3G di tempat anda saat ini cepat,minimal 100kb/detik

Pastikan kuota kartu internet anda lebih dari 2Gb ; pastikan kuota kartu internet anda besar,menimal 2Gb,hal ini penting agar saat donwload nantinya tidak perlu khawatir kuota kartu internet habis.

Loading Facebook Comments ...