Suwec Jadi Tempat Sharing dan Edukasi Seputar Web

suwec-di-ssfm

Blog Dhezign.com | Radio Suara Surabaya FM100 mengundang Surabaya Web Community (suWec) untuk mengisi salah satu program talkshow pada Selasa, 17 April 2012. Hadir mewakili suWec, ada Imam Muttaqin, Zainal Zaqi, dan Kemas Dimas.

Di awal sesi, penyiar menanyakan apa yang menjadi latar belakang suWec dibentuk. Imam menerangkan, suWec dibentuk karena melihat kondisi industri web di Indonesia, terutama Surabaya pada saat itu. Waktu itu, sekitar tahun 2009, industri web di dunia sedang berkembang bagus. Namun, di Surabaya perkembangannya cukup lambat.

Kemudian, pada pertengahan tahun 2009, beberapa pelaku web di Surabaya (DheZign sebagai salah satu inisiator) berkumpul untuk mendiskusikan bagaimana mengakselerasi industri. Salah satu ide yang muncul adalah membentuk komunitas yang bisa menjadi ajang sharing dan mengedukasi pelaku dan pasar. Akhirnya, terbentuklah suWec.

Di sesi selanjutnya, Zaqi menjelaskan apa saja kegiatan suWec sampai sekarang. Beberapa kegiatan suWec antara lain: mengadakan meetup setiap bulan, yang menjadi sarana sharing (berbagi) ilmu dan info-info terbaru seputar teknologi, web, mobile, aplikasi.

Kemudian ada juga startup showup! Dalam startup showup! ini, ditampilkan karya-karya anggota suWec untuk diapresiasi dan dibahas. suwec juga beberapa kali mengadakan workshop, menyelenggarakan seminar, dan mengerjakan project bersama.

Sebelum memasuki sesi terakhir, Kemas Dimas banyak cerita tentang karya-karya (produk) teman-teman suWec yang sudah diakui secara nasional dan internasional. Anggota suWec juga banyak yang berprestasi, memenangkan sejumlah kompetisi.

Di sesi tanya jawab, banyak penelpon bertanya tentang kegiatan suWec dan bagaimana cara ikut kegiatan suWec. Dijelaskan oleh Zaqi, suWec terbuka untuk umum, dari perusahaan maupun personal. Kalau ingin ikut kegiatan suWec, silakan langsung datang saja ke meetup suWec yang diadakan tiap bulan, atau gabung di FB grupnya di fb.com/groups/suwec atau follow akun twitternya @suWec.

Loading Facebook Comments ...