SUWEC : Berkomunitas, Membangun Industri Web

suwec

Blog Dhezign.com | Akhir Januari lalu, Surabaya Web Community (suWec) diundang untuk talkshow di Trijaya FM Surabaya dalam program Saturday Morning Show (SMS). Hadir mewakili suWec dalam program talkshow yang on air mulai pukul 07.00-08.00 hari Sabtu, 29 Januari 2011, tersebut, Imam Muttaqin dari DheZign.com selaku moderator suWec, serta Rudy Setiawan dari Wowrack dan Santoso Putra dari Otak Kanan.

Dalam talkshow tersebut Imam, Rudy, dan Santoso menceritakan awal mula dibentuknya suWec. suWec ada bermula dari sebuah komunitas web developer. Waktu itu, Sabtu, 12 September 2009, di kantor dhezign.com, kopdar pembentukan komunitas dilakukan pertama kali. Latar belakang dibentuknya komunitas ini adalah keinginan beberapa pelaku atau pengusaha industri web di Surabaya yang ingin berkumpul, saling belajar, dan berjejaring untuk mengembangkan industri web.

Ternyata, seiring berjalannya waktu, kopdar komunitas tersebut semakin aktif, dan pesertanya pun semakin beragam. Akhirnya, komunitas tersebut berubah nama menjadi Surabaya Web Community, atau biasa disingkat suWec. Perubahan nama tersebut menunjukkan bahwa suWec tidak hanya ajang berkumpul para web developer saja, tetapi juga lebih luas, yaitu untuk para web marketer, web entrepreneur, maupun penggemar web secara umum.

Kopdar suWec diadakan setiap bulan sekali pada awal atau tengah bulan. Beberapa tema yang pernah dibahas antara lain: redesign website, web hosting dan server, serba-serbi web, CMS drupal, web portal, typography, web copywriting, dan lain-lain. Selain membahas tema teretntu, dalam kopdar suWec juga ada sesi startup showup! Sesi tersebt diperuntukkan bagi para web startuper serta freelancer yang ingin menunjukkan produk maupun jasanya.

Selain kopdar, suWec juga menggelar workshop teknis yang berkaitan dengan web. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan skill orang-orang yang tergabung dalam suWec. Salah satu yang pernah dilakukan adalah workshop teknik freelancing.

Beberapa program sudah dicanangkan suWec. Beberapa di antaranya adalah suWec goes to campus dan mengembangkan produk bersama. Rencananya, suWec goes to campus akan dilakukan di beberapa kampus yang punya jurusan terkait dengan aktivitas suWec. suWec goes to campus ini dilakukan dengan tujuan untuk memperkenalkan industri web lebih kepada para mahasiswa yang masih ada di lingkungan akademis.

Sementara, program pengembangan produk bersama oleh anggota suWec, dimaksudkan agar para anggota terdorong untuk berkarya, menghasilkan suatu produk web.

Dalam talkshow tersebut, suWec juga menyampaikan harapannya terhadap para pelaku industri web, agar mereka menjaga kualitas produk serta layanannya dalam rangka untuk menumbuhkan dan menjaga kepercayaan masyarakat umum terhadap industri yang berbasis web. Jangan sampai, industri yang sedang dibangun ini, rusak karena ulah pelaku web yang tidak bisa dipercaya dan tidak bertanggung jawab.

SuWec adalah komunitas terbuka. Jadi, siapa pun bisa bergabung dalam kegiatan suWec, asalkan masih punya ketertarikan dan tujuan yang sama.

Loading Facebook Comments ...