Siswa Magang Krisnanto : Belajar Keamanan Form Dengan Validasi

krusnanto

Nama saya Krisnanto siswa SMKN 1 PONOROGO yang sedang melakukan kegiatan magang di PT. Dhezign Online Solution Surabaya.

Kamis 03/24/2016 ,Hari ini saya berangkat kelihatannya lebih awal dari biasanya. karena biasanya saya orang terakhir yang sampai dikantor.:D tapi hari ini ada salah satu teman kami yang belum datang.

Saya langsung mempersiapkan laptop dan update status monica. Hari ini masa jabatan ketua sebelumnya sudah habis dan seperti biasa kita melakukan pemilihan ketua kembali.

Dan ternyata saya yang terpilih menjadi ketua untuk 2 minggu kedepan. Hari ini saya belajar keamanan Form dengan validasi.

Validasi adalah cara untuk memfilter data yang akan dimasukkan ke database agar sesuai dengan yang kita harapkan.

Ada dua type validasi yaitu client side dan server side.

Validasi client side javascript sebenarnya tidak dianjurkan meskipun input data akan menjadi lebih cepat. karena bisa saja user mematikan javascriptnya. Dengan begitu Validasi tidak akan berjalan. Dengan kasus seperti ini saya juga mempelajari validasi server side dengan php.

Saya mempelajari fungsi isset() dan juga empty(). Dan untuk mengetahui type data yang di inputkan user dapat menggunakan fungsi : is_numeric, is_string, is_bool, is_array, is_object, is_int dan bisa juga memanfaatkan fungsi Regular Expression atau biasa disebut RegEx.

Adzan terdengar ditelinga saya. telah tiba saatnya saya dan teman-teman menunaikan shalat dhuhur.

Setelah sholat saya melanjutkan untuk memahami fungsi RegEx, Karena dari fungsi di atas penggunaan RegEx lah yang belum saya pahami.

Ternyata syntax RegEx berbeda-beda dalam bahasa pemograman. Dalam php dikenal ereg(), eregi(), ereg_replace(). Tapi sekarang fungsi itu sudah usang setelah munculnya php V 5.3.0 dan di gantikan dengan fungsi preg_match, preg_replace, preg_filter.

Tak terasa waktu shalat ashar saya lewatkan untung teman saya mengingkankan. Seletah sholat ashar saya masih memahami fungsi dan penggunaan RegEx. Sampai tiba waktu pulang, tak lupa saya update status monica “off” lalu beres-beres.

Cukup sekian cerita hari ini 🙂

Loading Facebook Comments ...