Siswa Magang Ilham Pujo : Belajar MYSQLI dan PDO

magang pujo

Hay… Nama saya Ilham Pujo. Saya salah satu siswa magang di PT. Dhezign Online Solution dari SMK N 1 Ponorogo. Hari ini Rabu, 09 Maret 2016 saya dan teman-teman berangkat sedikit lebih siang yaitu pukul 10.00 karena hari ini ada fenomena alam yang sangat langka yaitu gerhana matahari.

Seperti biasa setelah sampai di kantor, saya mempersiapkan laptop lalu update status di monica, dan berdiskusi siapa hari ini yang akan membuat post dan diary, dan ternyata saya yang membuat diary, karena saya yang jadi ketuanya untuk minggu ini.

Hari ini saya belajar PHP MYSQLI dan PDO. Sebenarnya saya biasa menggunakan PHP MYSQL biasa, karena di sekolah saya biasanya memakai PHP MYSQL biasa.

Biasanya untuk mengakses mysql dari PHP kita biasanya menggunakan mysql_query, mysql_connect dsb atau programmer biasa menyebutnya mysql extension. Namun sekarang mulai dari PHP versi 5.5, PHP sudah menyarankan agar tidak memakai mysql extension lagi, dan diharap unutk pindah ke MYSQLI atau PDO yang sudah berbasis objek. Apa lagi sekarang sudah rilis PHP versi 7 dan fungsi mysql_query, mysql_connect sudah tidak bisa digunakan.

Pada jam sekitar 12.30 saya istirahat untuk sholat. Setelah itu saya lanjut belajar bagamana membuat koneksi di mysqli dan PDO. Kalau untuk mysqli sedikit paham sihhh… tapi kalau untuk PDO saya belum paham.

Kali ini saya mempelajari dari dasar. Tentang cara koneksi PDO dan Menampilkan data Dari database, dan ini dokumentasi saya.

Apa itu PDO tentu saya tidak membahasnya disini. 😀 Baiklah langsung saja Hal pertama yang kita buat adalah koneksi database.

berikut secriptnya.

sedikit penjelasan disini saya menggunakan database yang bernama belajar PDO dan user = root sedangkan password = kosong

Disini saya menggunakan if else untuk mengetahui apakah koneksi sukses atau tidak.

Selanjutnya kita akan menampilkan data.  Disini saya sudah memiliki tabel users seperti berikut.

mysqli

berikut secript untuk menampilkan data.

Kalian bisa berkreasi sendiri dengan dasar seperti ini. anda bisa menampilkan data dengan while atau yang lainnya. Untuk insert, Update, dan delete akan kita bahas dipost selanjunya. Sekian semoga pelajaran yang sangat dasar ini dapat bermanfaat.

Dan ternyata tak terasa sudah masuk waktu ashar, saya dkk segera menunaikan ibadah sholat ashar.

setelah itu saya coba cari referensi buat database untuk project akhir. Hingga waktu pulang tiba yaitu pukul 17.00

Dan ini adalah kisah saya untuk hari ini, Terima Kasih.

Loading Facebook Comments ...