Siswa Magang : Diary Tedo Haris Candra

Diary Tedo Haris Candra

Mulai tanggal 4/4/16 ini saya belajar bootstrap. Saya memulai belajar bootstrap dari W3SCHOOL, saya mencoba script-script yang ada di web itu. Saya memahami fungsi setiap Class pada bootstrap dan banyak sekali fungsi Class tersebut, seperti : membuat menu bar, membuat menu dropdown, membuat slider, DLL.

Saya mulai mencoba meniru script yang ada di W3SCHOOL dan mengetiknya dari awal sampai akhir. Sekitar 31 bootstrap tutorial yang ada dan saya mengerjakannya dengan teliti dan memahami setiap fungsi Class yang ada dibootstrap. Cukup lama untuk menyelesaikannya 1 hari hanya selesai 15 bootstrap tutorial dan itu pun sudah cukup banyak.

Berlanjut di hari berikutnya 05/04/2016 ini saya masih belajar bootstrap. Saya meneruskan 31 bootstrap tutorial yang sudah saya kerjaan dari kemarin. Ada beberapa tutorial yang membuat saya sedikit bingung dan scriptnya tidak bisa dijalankan. Saya mencari solusi kenapa script tersebut tidak bisa dijalankan dan cukup lama untuk mencarinya.

Cukup lama mencari akhirnya saya menemukan solusinya, ternyata kesalahannya pada Class yang saya ketik dan saya belum memanggil script untuk menjalankan perintah tersebut. Saya menghapus semua dan mengetiknya dari awal dan akhirnya bisa dijalankan. Tapi setiap saya memanggil icon dari Boostrap kenapa gak bisa muncul dan saya mencoba berkali-kali akhirnya saya menyerah karena icon tersebut tidak bisa muncul.

Berlanjut di hari berikutnya 06/04/2016 ini saya belajar bootstrap lagi dan saya mengulang materi bootstrap dari awal sampai akhir.

Saya pelajari lagi dari tutorial awal sampai akhir dan itu memakan waktu cukup lama. Setelah selesai mempelajarinya, saya membuka Youtube mencari bagaimana cara membuat slider tanpa menggunakan bootstrap. Satu per satu video saya lihat dan banyak sekali tutorialnya tapi tutorialnya terlalu lama, saya mencari tutorial yang simple. Akhirnya saya menemukan tutorialnya sekitar 9 menit durasinya.

Saya melihat video tersebut, memahami, dan mulai menirunya. Pertama-tama agak sedikit kebingungan dengan Cssnya dan saya ulang berkali-kali. Lama-kelamaan saya mengerti fungsi Css tersebut dan saya mengulanginya dari awal dan akhirnya saya berhasil.

Berlanjut di hari berikutnya 07/04/2016 ini saya mulai iseng membuat sebuah halaman utama pada website Saya mulai mencari refrensi dan blog demi blog saya masuki. Akhirnya saya menemukan Website online shop yang saya kira mudah untuk menirunya tapi lumayan susah karena saya kebingungan mengatur contentnya. Setiap saya rubah satu content yang lain juga ikut berubah posisinya dan saya sedikit pusing melihatnya.

Akhirnya saya melihat di W3School ternyata ada bootstrap templates yang isinya contoh-contoh tampilan utama sebuah website. Saya melihatnya satu per satu ternyata mengaturnya dengan menggunakan Grid.

Ada teman saya meminta bantuan untuk merapikan tampilan halamannya. agak kesusahan saat mengatur menu Select karena saya tidak tahu script cssnya hehe. Tapi iya saya kerjakan saja walaupun gak sebegitu rapi tapi iya lumayan untuk pembelajaran bagi saya.

Berlanjut di hari berikutnya 08/04/2016 ini saya belajar membuat sebuah halaman depan pada website. Saya memulainya dari membuat menu navbar, saya sedikit kesulitan saat membuat menu login. Karena saat di klik menu login itu akan keluar form yang berisikan Email & Password untuk mengakses lebih lanjut website tersebut.

Cukup lama untuk menyelesaikan itu akhirnya saya tinggal dan mengerjakan bagian lainnya.

Lalu saya mengerjakan bagian footer dan tidak ada kesulitan sama sekali. Saya mengerjakan bagian header dan saya juga kesulitan mengatur teksnya, beberapa menit kemudian akhir selesai juga.

Karena sudah pukul 11.30 pekerjaan saya hentikan dan berangkat ke masjid untuk melaksakan sholat

jum’at.

Setelah selesai sholat jum’at, saya melanjutkan lagi mengerjakan bagian contentnya. Saya sedikit bingung karena apa yang akan ditampilkan di bagian content tersebut. Cukup lama berfikir, saya juga sudah mulai pusing akhirnya saya hentikan dan saya lanjutkan besok.

Berlanjut di hari berikutnya 09/04/2016 ini saya iseng-iseng melihat tutorial learn html games dan ternyata cukup rumit scriptnya.

Saya mulai mencoba hasil yang sudah jadi, dan saya mulai melihat scriptnya ternyata begitu rumit.

Dikarena kan saya belum belajar javascript jadi saya tidak mengerti kegunaan script-script tersebut.

Akhirnya saya belajar bootstrap lagi dan mengulangi beberapa tutorial yang belum saya mengerti. Sedikit bosan saya mencari refrensi di Sekolah Koding dan saya melihat satu persatu tutorialnya dan Cukup banyak juga tutorialnya.

Sekian diary saya pada hari ini, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Loading Facebook Comments ...