Siswa Magang : Diary Amir Hamzah

Diary Amir Hamzah

Selamat pagi, selamat beraktifitas. Jumat barokah hehe, pembelajaran yang saya rencanakan hari ini 08/04/2016 adalah membenahi CRUD OOP PDO saya dan belajar Git.

Seteleah debugging manual hehe alhamdulillah tidak ditemukan bug sama sekali. Hanya sedikit bug pada bootstrapnya kemudian saya benahi.

Kemudian setelah bug fixing selesai, saya sedikit mengulas tentang CRUD OOP PDO. Ya walaupun sudah paham tentang PDO namun saya pikir saya perlu belajar lagi. Karena ilmu itu bisa terforsir dalam 6 jam jika tidak diulas kembali.

6 jam saja bisa hilang bagaimana dengan sehari jika tidak diulas? Sudah lupas pastinya. Saya terkadang mencari tuts pada forum & situs yang berbahasa Inggris. Sekaligus untuk mengasah skill berbahasa saya hehe.

Setelah belajar & bug fixing pada PDO, saya pergi untuk melakukan ibadah sholat jumat sebagai kewajiban dan sepulangnya saya makan siang yang sudah saya bawa dari rumah. Setelah itu, saya kembali ke laptop lagi dan belajar Git.

Seperti biasa, saya membuka channel sekolahkoding kemudian mengunduh semua videonya. Saya tonton kemudian saya implementasikan dengan meniru apa yang dilakukan pada video tersebut. Seperti commit, log, reset, undo dll.

Sedikit ulasan tentang git, Git adalah sebuah antarmuka yang berguna untuk menghandle file file atau kodingan yang kita buat. Jika dalam proyek besar Git sangat membantu, karena jika sudah ada 5000 baris kodingan dan ternyata salah, maka bisa di kroscek pada Git dan di undo.

Hari berikutnya sabtu 09/04/2016. Jalanan dari Juanda sampai Surabaya cukupp lengang. Karena pegawai instansi pemerintah libur. Dan saya sampai pada Dhezign sedikit lebih awal. Baik, laptop saya buka dan mengagendakan belajar Git. Git lagi Git lagi, yak.

Karena Git menurut saya walaupun saya belum mengerjakan proyek yang cukup besar (yah doakan saja dapat proyek besar hehe), tetapi Git membantu.

Banyak sekali fungsi Git yang berkorelasi dengan file. Jika file atau kodingan kita salah dapat dibenahi dengan Git, di restore ke session sebelumnya.

Namun, jika kita salah mengoperasikan bisa bisa session kita terhapus dan tidak bisa di restore. Karena hari ini hari sabtu hanya sampai jam 12.00 a.m, diary saya cukup singkat. Hanya memfokuskan pada belajar Git. Dan sesuai target saya nanti, membuat blog dari Laravel 5 hehe.

Sekian diary saya hari ini, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Loading Facebook Comments ...