Siswa Magang : Class dan Object Dalam PHP OOP

Sekarang, saya akan menjelaskan tentang Class dan Object dalam PHP OOP. Untuk membuat sebuah Class, kita tinggal menuliskan class spasi namaClass dan diikuti kurung kurawal buka ( { ) dan kurung kurawal tutup ( } ).

Semua Method dan Properti kita letakkan diantara kurung kurawal buka ( { ) dan kurung kurawal tutup ( } ). Method adalah Function yang terdapat didalam sebuah class. Sedangkan Properti adalah variabel yang terdapat didalam sebuah class.

Untuk menggunakan sebuah class, kita harus membuat object nya terlebih dahulu. Langkah – langkah untuk membuat sebuah object antara lain :

1. Buat variabel terlebih dahulu.
2. Setelah membuat variabel kita ketikkan tanda sama dengan setelahnya ( = ).
3. Setelah itu, kita ketikkan new spasi nama Class yang akan kita jadikan object.
4. Yang terakhir kita ketikkan tanda titik koma ( ; ).

Berikut ini contohnya :

Class dan Object Dalam PHP OOP

Saya akan sedikit menjelaskan tentang abstract class dan final class. Semua Method yang terdapat dalam suatu abstract class, haruslah abstract dan dikosongkan atau tidak diisi atau jika sebuah Method bersifat abstract maka class nya juga haruslah abstract. Selain itu, perlu diketahui bahwa class yang bersifat abstract tidak bisa dijadikan object / dipanggil. Berikut ini contohnya :

Class dan Object Dalam PHP OOP

Setelah abstract class, saya akan menjelaskan sedikit tentang final class. Sebelum kita melanjutkan pembahasan tentang final class, saya akan menjelaskan sedikit tentang inheritance atau pewarisan.

Didalam PHP OOP, properti dan Method yang terdapat dalam suatu class dapat digunakan / diakses oleh class lain dengan adanya inheritance / pewarisan. Namun, class yang memiliki sifat final, Properti dan Method yang berada didalamnya tidak bisa diturunkan / diwariskan kepada class lainnya. Berikut ini contohnya :

Class dan Object Dalam PHP OOP

Sekian dulu dari saya, sampai jumpa lain waktu.

Loading Facebook Comments ...