Siswa Magang Amir Hamzah : Belajar Laravel

Siswa Magang Amir Hamzah

Hari ini target saya adalah belajar Laravel. Pada hari sebelumnya sudah belajar laravel juga namun dengan skala kecil karena saya harus membenahi web apotek saya dahulu.

Setelah selesai membenahi kemudian saya melanjutkan belajar Laravel. Kali ini saya menuju youtube dan mengambil semua video tutorial laravel dari sekolah koding.

Karena menurut saya sekolah koding memberikan tutorial yang sekuensial juga bertahap. Seluruh video saya download kemudian saya pelajari dan saya implementasikan.

Ada sekitar 6 video yang disediakan oleh sekolah koding, pengimplementasian saya adalah pertama melihat video tersebut satu persatu lalu ngoding sesuai video tersebut dan ketiga meniru video tersebut tanpa melihatnya.

Cukup lama memang, namun pembelajaran cukup memuaskan. Namun pasti ada beberapa error yang ditemui.

Untuk pengimplementasiannya sendiri saya mengcopy folder laravel yang telah didapat dari composer sebanyak jumlah video yaitu 6 video. Jadi saya mengcopy 6 folder laravel. Saya copy 6 kali agar setiap laravel yang saya ubah tidak terdapat error. Untuk meminimalisir error sebenarnya.

Dan berlanjut ke hari beriutnya masih belajar laravel. Belajar belajar dan belajar. Karena target saya nanti adalah membuat blog dari laravel setidaknya.

Mempelajari laravel hingga pukul 2.00 p.m kemudian Mas Amirul datang. Laptop saya dilihat dan beliau bertanya saya belajar apa.

Saya menjawab belajar laravel, kemudian beliau memerintahkan saya untuk belajar OOP & PDO dahulu. Kemudian dilanjut belajar Git dan dilanjut lagi belajar Laravel.

Baiklah saya laksanakan, tab tab chrome & video yang memuat laravel saya tutup semua kemudian saya memasang keyword OOP & PDO pada google search.

Sebenarnya untuk OOP sendiri saya sudah cukup mumpuni namun apa salahnya untuk memantapkan kembali bukan? Saya kemudian belajar dari dasar kembali, seperti class, pewarisan, konstruktor dan sebagainya.

Waktu semakin sore dan Mas Amirul mengirim pesan hangout pada saya yang berisi memberi tugas CRUD OOP PDO.

Baiklah, baru mempelajari sedikit PDO namun tugas sudah dikirimkan pada anak back end hehe. Ini adalah tantangan yang bagus untuk mengasah skill dan kecepatan belajar saya. Tugas tersebut di deadline sabtu sudah selesai. Baik Mas 86 Laksanakan hehe.

Sekian diary saya hari ini, tentang perubahan materi. Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Loading Facebook Comments ...