Petikan Inspirasi Brian Arfi dalam Harian Kontan

Blog Dhezign.com | Beberapa waktu lalu, Harian Kontan menuliskan Insipari Brian Arfi Faridhi yang dimuat dalam 3 edisi bersambung, yaitu pada 23, 24, dan 25 Juni. Tulisan tersebut mengisahkan bagaimana Brian (CEO PT. DheZign Online Solution) mencetuskan ide untuk menggeluti dunia bisnis online, serta bagaimana ia mengelolanya.

koran-kontan-Medium-1

Tulisan pertama, untuk edisi Rabu, 23 Juni 2010 diberi judul: Berkembang dari Ide yang Tak Disengaja. Berikut ini beberapa petikan tulisan dari Harian Kontan tersebut:

Pantang menyerah adalah kunci sukses yang membawa Brain Arfi Faridhi berhasil melalui banyak hambatan sepanjang perjalanan bisnisnya. Niat membangun usaha pernik muslim di dunia maya bersama sang istri, justru mengantarkannya masuk ke bisnis desain situs internet atau website. Tak disangka, ia bisa meraup pendapatan ratusan juta per proyek.

Melalui perusahaan miliknya, PT DheZign Online Solution, pemuda kelahiran tahun 1986 ini menjalankan usaha desain dan pengembangan web atau web developer. Dalam bisnis ini, dia melakukan pengembangan website bagi kliennya yang ingin memberikan informasi kepada publik melalui jalur internet.

Maklum, semakin modern sebuah negara, kecenderungan akan ketergantungan masyarakat terhadap teknologi kian tinggi. Sebab, melalui internet, penyebaran informasi bisa berjalan lebih cepat dan lebih luas. Latar belakang itulah yang mendorong Brian makin optimis menjalankan bisnis web developer sejak tahun 2006.

Dia tak hanya menciptakan desain, namun sekaligus membuat program untuk mewujudkan desain tersebut, termasuk juga membangun infrastruktur web.

Untuk memuaskan pelanggannya, Brian juga memberikan layanan tambahan bagi mereka. Yakni, menjadi agensi pemasaran online.

kontan2-Medium-2

Tulisan kedua, untuk edisi Kamis, 24 Juni 2010 diberi judul: Penemuan Desain Web dari Bisnis Online. Berikut ini beberapa petikan tulisan dari tulisan pada edisi tersebut:

Dengan mengusung bendera PT DheZign Online Solution, Brian menjalankan usaha desain dan pengembangan web. Pada masa awal, dia aktif mencari mitra usahanya melalui situs online marketplace. Dia menyasar online marketer untuk programmer, web design, dan web developer dari seluruh dunia.

Hasilnya, rekanan Brian lebih banyak adalah individu yang berasal dari luar negeri. Hanya lewat percakapan melalui dunia maya tanpa bertatap muka, dia sudah bisa mendapatkan berbagai proyek mendesain web.

Namun, memiliki bayak rekanan dari luar negeri ternyata membuatnya kesulitan mengembangkan bisnis lebih jauh. Maklum, proyek dari luar negeri itu berhenti pada pembangunan web.

Padahal, Brian ingin memiliki usaha sebagai agen pemasaran online terintegrasi. Karena itu, dia mulai beralih ke rekanan dalam negeri. “Klien dalam negeri lebih mudah membutuhkan layanan ketimbang klien luar negeri,” imbuhnya.

Brian berhasrat membuat industri web di Indonesia lebih maju dari sekarang. Caranya dengan membantu bisnis, perusahaan, dan institusi untuk bisa memanfaatkan media online dan internet secara maksimal.

kontan-3-Medium-3

Tulisan ketiga, untuk edisi Jumat, 25 Juni 2010 berjudul: Ogah Memakai Peranti Lunak Bajakan. Berikut ini beberapa petikan tulisan dari tulisan tersebut:

Berbisnis dengan jujur dan bersih adalah prinsip Brian Arfi Faridhi dalam menjalankan usaha desain dan pengembangan web melalui PT DheZign Online Solution. Dia tidak mau menggunakan piranti lunak bajakan dalam menjalankan bisnisnya. Brian mulai merambah pasar ibukota dengan membentuk kantor perwakilan.

Brian Arfi faridhi memang harus bekerja keras mendidik para pengguna website. Tujuannya agar mereka bisa optimal menggunakan layanan internet untuk menyajikan informasi kepada masyrakat. Maklum, sebagian besar pebisnis skala kecil dan menengah belum paham betul manfaat pemasaran online lewat jejaring sosial yang digawanginya melalui bendera PT DheZign Online Solution.

Dia kerap menjadi pembicara di berbagi forum bertema tekonologi informasi dan kewirausahaan agar para pelaku bisnis makin melek teknologi. “Saya harus terus melewarkan sayap dengan cara berbagi dan mengembangkan komunitas industri web Indonesia,” kata dia.

Brian ingin menjadikan berbagai produk dari pelaku bisnis yang menjadi kliennya itu memiliki komunitas yang loyal sekaligus proaktif. Misalnya lewat facebook dan twitter, tanpa membuat orang terganggu dalam aktivitas sosialisasi dan komunikasi yang terjalin dalam jejaring sosial tersebut.

Itulah beberapa petikan dari artikel Inspirasi Brian Arfi Faridhi dalam Harian Kontan beberapa waktu lalu. Semoga bermanfaat.

Loading Facebook Comments ...