PernikMuslim.com Selalu Menjaga Kualitas Layanan

brian arfi

Blog Dhezign | Awal Mei, Manajer Operasional PernikMuslim.com diminta Jurusan Sistem Informasi ITS Surabaya untuk berbagi pengalaman tentang cara mengelola toko online PernikMuslim.com. Kemudian pada akhir Mei, PernikMuslim.com diundang lagi ke ITS Surabaya untuk bercerita tentang proses pendirian dan pengelolaan bisnis startup (perintis).

Brian Arfi Faridhi, Founder PernikMuslim.com memenuhi undangan untuk berbagi pengalaman dan memberi motivasi kepada para mahasiswa ITS Surabaya. Di hadapan mahasiswa dari lima kelas Jurusan Sistem Informasi, Brian mulai bercerita tentang keberaniannya berjualan parfum di koridor kampus, pada semester-semester awal ia masuk kuliah.

Brian menanggalkan rasa malunya untuk melakukan aksi berjualan seperti itu. Karena revenue yang tidak stabil, akhirnya Brian beralih ke bisnis lain. Sebelum akhirnya memutuskan untuk menekuni bisnis online, Brian sempat menjajal bisnis kuliner.

Tahun 2006 Brian bersama istrinya mulai mengembangkan toko online. Brian berbagi peran dengan istrinya. Brian menangani manajemen dan pemasaran, sementara istrinya bertanggung jawab dalam pengembangan web dan aplikasi PernikMuslim.com

Brian mengaku, awalnya tidak mudah menekuni bisnis online. Menumbuhkan kepercayaan orang-orang untuk membeli barang secara online adalah salah satu tantangan besar. Namun tantangan itu yang harus dia jawab dan temukan caranya untuk memecahkan. Pelan-pelan, waktu demi waktu, akhirnya akhirnya PernikMuslim mendapatkan banyak keperayaan dari para pelanggan.

Salah satu kunci untuk meraih kepercayaan adalah konsistensi dalam menjaga kualitas layanan. Selain sistem web yang user friendly, Costumer Friend PernikMuslim adalah garda depan dalam melayani pelanggan. Mereka dibiasakan melayani permintaan pelanggan dengan cepat, baik, dan bersahabat. Tim pengemas dan pengantar barang pun berusaha menjaga kualitas kemasan dan isi barang sehingga bisa diterima pemesan dalam keadaan baik.

Sejak beberapa tahun lalu, PernikMuslim secara legal formal menginduk ke perusahaan PT DheZign Online Solution. Itu juga makin menambah kepercayaan para pelanggan.

Selanjutnya, Brian menyampaikan pentingnya berjejaring dengan komunitas ketika seseorang berbisnis. Dengan berkomunitas, kita akan menemukan frenemy (friend sekaligus enemy). Dengan berkomunitas, kita bisa saling sharing dengan kawan maupun lawan bisnis kita. Kawan bisnis sama pentingnya dengan lawan bisnis. Kawan bisnis bisa menambah kepercayaan diri kita dalam berbisnis. Sementara, lawan bisnis bisa menambah motivasi kita untuk terus maju.

Terakhir, Brian menekankan bahwa seorang pebisnis harus bisa memahami siklus usahanya. Di mana saat posisi masih menyemai, di mana posisi sedang bertumbuh, berbuah, dan bahkan di mana saat usaha terkena hama dan hampir mati. Dengan memahami siklus usahanya, pebisnis akan lebih tepat dalam mengambil tindakan dan strategi untuk kelangsungan bisnisnya tersebut.

Kuliah tamu yang diselenggaran pada Jumat, 25 Mei 2012 lalu itu, dihadiri kurang lebih 100 mahasiswa dari Jurusan Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.

Loading Facebook Comments ...