Pengalaman Pertama Magang Siswa SMKN 1 Ponorogo Di Dhezign Online Solution

Blog Dhezign.com | Kali ini Dhezign Online Solution perusahaan yang bergerak dibidang web design & development, mobile apps developer, dan SEO menerima 4 siswa magang yang berasal dari SMKN 1 Ponorogo jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Seperti pada waktu yang telah berlalu, di perusahaan kami telah banyak menerima siswa magang silih berganti.

Dan berikut ini kesan pengalaman pertama magang di Dhezign Online Solution siswa dari SMKN 1 Ponorogo.

Riko Septa Alfian Siswa SMKN 1 Ponorogo

Riko Septa Alfian Siswa SMKN 1 Ponorogo

Assalamu’alikum wr.wb. Nama saya Riko Septa Alfian, Asal saya Dari Pacitan , Saya sekolah di SMKN 1 Ponorogo. Di pagi hari pertama saya mau masuk magang di PT. Dhezingn Online Solution barsama ketiga rekan saya dari SMKN 1 Ponorogo.

Pagi-pagi sekitar pukul tujug pagi aku sudah sampai di kantor Surabaya yang beralamat di Jl. Nginden Intan Timur XVII Blok A5 No. 06 Kel. Nginden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur, bersama temen-teman saya. Awalnya saya sangat merasa cenggung dan kami juga belum kenal siapa-siapa di kantor.

Namun tekad kami sudah bulat untuk belajar dan menemukan hal yang baru. Dan benar saja, kami disambut hangat oleh mas-mas dan mbak-mbak karyawan di PT. Dhezign Online salution, mereka kelihatan tidak ragu-ragu berbagi ilmu dengan kami.

Setelah itu kami diberi tugas pertama mencari informasi tentang kantor PT. Dhezign Online Solution sambil browsing untuk mencari informasi tenetang kantor tersebut .

Di hari kedua kami diberi tugas untuk mencari informasi tentang VCS (Version Control System) mendukung pengembangan software secara kolaboratif. Setiap anggota yang berada di dalam sebuah tim pengembangan software dapat menulis kode programnya masing – masing kemudian digabungkan server yang sudah memiliki VCS yang digunakan.

Setelah itu disuruh mengumpulkan tugas tersebut melalu group slack. Slack adalah sebuah platform yang ditujukan untuk berkomunikasi tim.

Wallaikumsalam wr.wb.

Agnes Carolina Siswi SMKN 1 Ponorogo

Agnes Carolina Siswi SMKN 1 Ponorogo

Assalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Tepat pada tanggal 06 januari 2017 saya Agnes Carolina mulai Praktek Kerja Lapangan biasa disebut (PKL) di PT. Dhezign Online Solution bersama teman saya bernama Rico, Sukron, and the last Nurjaman.

Seperti biasa kalau di awal atau hari pertama pasti canggung dan berasa tegang, walaupun mbak dan masnya udah bikin suasana senyaman mungkin, efeknya masih berasa kaya disidang hehehe.

Pertama masih bingung belum dikasih tugas, jadi mau ngapain juga ga tahu. Eh mas Ali sebagai tentor di sini bilang “Ga usah tegang rek,, browsing terserah kalian aja dulu”.

Setelah itu udah lumayan lama juga teman-teman termasuk saya dimintai email buat gabung di group Slack, Ga tahu itu group apa tapi katanya itu Group khusus buat anak magang. Ternyata Slack adalah sebuah platform yang ditujukan untuk berkomunikasi tim.

Tapi orang pertama yang udah gabung di group diminta perkenalan telebih dahulu. Dan hasilnya untuk sesi perkenalan kita semua berdiri dan memperkenalkan diri masing – masing.

Waktu sudah giliran saya, Hmmm rasanya semua mata tertuju padamu Asyekk. Setelah itu gantian mbak dan masnya yang berkenalan. Barulah kita bisa disuruh duduk kembali.

Udah masuk Group, Mas Ali bilang “Nanti kalian bisa cek tugas dan semuanya ada disini, nah sekarang bisa cek tugas masing – masing”.

Kami pun mengecek tugas yang sudah diberi, tugas pertama magang disuruh mencari informasi tentang Profile perusahaan.

Lama browsing sana-sini sekitaran 30 menit sebelum jam pulang kami mengumpulkan tugas yang diberi untuk diupload di group slack.

Cukup memakan waktu eh, ternyata punya saya dan Sukron salah tugas yang harusnya file berextensi .txt karena kami salah pendengaran jadi file .exe, hehehhe.

Berhubung sudah jam pulang, kami diizinkan pulang tapi besok tugas harus diperbaiki. So pasti harus kalau enggak jelek deh nilainya, hehehe.

Dan itu semua pengalaman dan kesan saya magang di PT. Dhezign Online Solution, Sekian dan Terima Kasih.

Wassalammualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Moch Sukron Rizky F. Siswa SMKN 1 Ponorogo

Moch Sukron Rizky F Siswa SMKN 1 Ponorogo

Pada tanggal 5 january 2017 jam 03.00 WIB pagi aku berangkat dari Ponorogo didapingi oleh guru IT dari SMK Negeri 1 Ponorogo.

Dan jam 09.00 WIB aku baru sampai Surabaya tepatnya di jalan Nginden Tembusan No 25 tempat kost ku selama magang di Surabaya.

Sesampai nya di kost saya istirahat mandi dan pada jam 12.15 WIB saya dan rombongan langsung betangkat ke
PT. Dhezign Online Solution yang beralamat di Jl. Nginden Intan Timur XVII Blok A5 No. 06 Kel. Nginden Jangkungan, Kec. Sukolilo, Kota Surabaya, Jawa Timur, sesampainya di sana saya dan teman-teman di perkenalkan oleh pembimbing saya di Surabaya, dan kami mulai diperkenalkan tentang PT. Dhezign Online Solution.

Disaat kita berjalan pulang dari kantor PT. Dhezign Online Solution kita di tinggal oleh guru pendamping kembali ke kota Ponorogo.

Selanjutnya pada tanggal 6 january 2017 jam 04.00 WIB aku pun sudah bangun, tidak biasanya saya bangun jam empat pagi, mungkin gara-gara hari pertama magang jadi agak di rajinin.

Setelah bangun saya dan teman teman pun prepare (siap – siap) untuk berangkat ke kantor bersama, tepat jam 06.15 WIB kami berangkat, sampai ke kantor jam 06.55 WIB dan sesampai di sana kami pun menerima
tugas pertama, yaitu browsing tentang profil perusahaan PT. Dhezign Online Solution dan mereview serta menulis kembali kedalam format text (.txt) dan di share di group (https://firzil.slack.com/messages/magang/).

Setelah mendapat tugas tersebut saya agak kesulitan karena laptop yang saya bawa spek-nya sangat minim sekali untuk pemrogaman back-end dan fitur dasar-nya pun kurang, jadi saya harus bekerja keras untuk mengimbangi teman – teman lainya.

Jam 16.00 WIB saya selesai mengaerjakan tugas pertama dan kembali ke kost dan ber-istirahat.

Nurjaman Siswa SMKN 1 Ponorogo

Nurjaman Siswa SMKN 1 Ponorogo

Assalamu’alaikum wr. wb. Dihari pertama saya magang di PT. Dhezign Online Solution, saya dan teman-teman saya dari SMKN 1 Ponorogo merasa malu dan bisa dibilang grogi, karena kami belum kenal dengan semua yang berada didalam kantor, termasuk teman-teman magang lainnya dari kota Surabaya.

Dan kami pun berkenalan satu sama yang lainnya, di saat kami berkenalan kami pun merasa malu, karena kami berkenalan dengan semua para pembimbing yang telah berpengalaman dan bisa dibilang profesional dalam bidang pekerjaan mereka itu sendiri yaitu Rekayasa Perangkat Lunak dan bisa disebut seorang programmer.

Setelah itu kami pun diberi tugas untuk mencari tahu semua tentang profil perusahaan PT. Dhezign Online Solution. Dengan senang hati kami pun mengerjakan tugas-tugas yang telah diberikan kepada kami, dan pada saat itu kami pun mencari tahu semua tentang kantor sambil browsing.

Dan setelah selesai mencari semua tentang profil perusahaan, kami pun mengumpulkan tugas yang telah selesai melalui group aplikasi management tim yag digunakan dari kantor yaitu Slack Slack adalah sebuah platform yang ditujukan untuk berkomunikasi tim.

Dan dihari kedua kami juga masih diberikan tugas untuk mencari tahu semua tentang VCS atau Version Control System, yang bertujuan mendukung dalam pengembangan software secara kolaboratif.

Dan sistem ini memungkinkan untuk mengembalikan berkas pada kondisi atu keadaan sebelumnya, mengembalikan seluruh proyek pada keadaan sebelumnya, membandingkan perubahan setiap saat dan melihat siapa yang terakhir melakukan perubahan terbaru pada suatu objek, dan lainnya.

Dengan menggunakan VCS dapat dengan mudah mengembalikannya berkas yang telah hilang.

Setelah itu pun kami mengumpulkan tugas yang telah diberikan memalui group Slack. Dan setelah selesai kami pun diperkenankan pulang ke tempat kost dimana kami tinggal selama magang di Surabaya untuk beristirahat dan belajar kembali tentang semua yang telah dipelajari.

Wasalamu’alaikum wr.wb..

Itulah kesan pengalaman magang dihari pertama siswa-siswi dari SMKN 1 Ponorogo.

 

 

 

Loading Facebook Comments ...