MIT School Muslimah : Ngoding Bareng “We Heart Swift”

Setelah dilaksanakannya konferensi developer skala dunia oleh Apple 2014 WWDC (Worldwide Developers Conference) dan dirilisnya bahasa pemrograman Swift, banyak kalangan yang berkeinginan untuk membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman ini. Apalagi Swift sudah open source, yang tentu saja membuka peluang sebesar-besarnya untuk mendarasnya. 

Weheartswift

Weheartswift.com

    Weheartswift.com sebagai salah satu blog yang mendedikasikan sebagai wadah untuk pembelajaran bahasa pemrograman Swift, meramu sumber belajar dalam bentuk produk aplikasi dan ebook untuk semua kalangan. Rancangan menggunakan prinsip bernama Cascading Informasi Teori, yang digunakan dalam sebuah permainan. Pengguna diberi informasi untuk mendapatkan tingkatan yang sesuai dari pemahaman pada setiap bagian bab. Pada setiap bab diberikan semacam latihan, dimulai dari dasar bagi orang yang tanpa pengalamanpun dengan bahasa pemrograman.

swift programing

    Weheartswift.com memperkenalkan konsep pemrograman dasar step by step dengan asumsi sekitar satu bulan latihan untuk memecahkan setiap bab latihan. Kebanyakan latihan memiliki petunjuk yang akan membantu pengguna dalam menyelesaikannya. Jika pengguna terjebak pada masalah, telah tersedia bagian solusi untuk dibaca dan diharapkan untuk memafhumi. 

Sum swift

Untuk memvalidasi latihan ini, tim Weheartswift.com bekerja sama dengan orang-orang yang tidak memiliki pengalaman bahasa pemrograman untuk diuji coba. Tujuannya adalah untuk memastikan apakah dapat membentuk dasar yang kuat bagi orang yang baru memulai belajar bahasa pemrograman.

Salah satu siswa kami yang sama sekali tidak memiliki pengalaman bahasa pemrograman dan tidak begitu pandai dalam soal matematika. Setelah sebulan berlatih dengan Swift dan mengerjakan latihan-latihan, sekarang siswa tersebut dapat membaca dan menulis kode sendiri serta menyelami pemrograman iOS.

    Setiap bab memiliki sedikit teori sebagian besar dalam bentuk contoh kode, kurang lebih sekitar sepuluh latihan. Sebelum memulai silahkan download dan install Xcode. Untuk menikmati aplikasi beserta ebook-nya butuh merogoh kocek seharga $40 sedangkan untuk ebook-nya saja seharga $10, jika dirupiahkan harganya berapa? Silahkan dikalikan dengan nilai tukar rupiah yang sedang berlaku.

   Ingin ikut serta menikmati aplikasi tersebut tetapi belum memiliki uang sebanyak itu, jangan khawatir dikarenakan pihak weheartswift.com memberikan kelonggaran untuk mencoba produknya dengan catatan dalam versi demo yang berarti memiliki keterbatasan dalam mengakses aplikasi. Pada versi demo ini pengguna hanya dapat mengakses 2 bab  dari 11 bab latihan.

app weheartswift

 Silahkan klik disini untuk download aplikasi versi demo

    Memahami bahasa pemrograman itu butuh proses, jangan berharap semalaman belajar dengan aplikasi versi demo ini besoknya jadi sakti mandraguna dalam ngoding Swift. Tidak ada yang instan, mie saja yang terkenal akan julukannya dengan “mie instan” masih butuh proses dalam mengolah sebelum disantap.

Loading Facebook Comments ...