MIT School Muslimah : Contoh Game Yang Mengajarkan Programing

Ilmu tentang pemrograman komputer memang semakin dibutuhkan di era globalisasi ini. Namun, karena rumit dan butuh latihan rutin, banyak orang yang malas atau bahkan kesusahan untuk mempelajari bahasa pemrograman yang biasa disebut ‘coding’ ini. tapi jangan kawatir karena saat ini sudah banyak game yang berbasis web sehingga kita bisa mempelajari pemrograman sekaligus bermain game. Asik nggak tuh ..

Kali ini saya akan review tentang beberapa game yang mengajarkan pemrograman, bicara tentang game pasti menyenangkan apalagi game yang bisa mengasah logika kita.
Yuk mari simak sampai akhir ya

1. CODE COMBAT


codecombat

Belajar pemrograman selalu menyenangkan, apalagi jika proses belajar tersebut sambil menghajar monster-monster jahat yang ingin menguasai dunia, pasti seru banget. Jarang sekali ada layanan yang dapat memberikan kita kesempatan untuk belajar coding sambil bermain game yang benar-benar bermain game (mengalahkan monster jahat, beli item, berpetualang).

Satu dari layanan yang sangat jarang ini ialah CodeCombat

CodeCombat adalah fantasy web game (versi iOS menyusul) yang mengajarkan dasar ilmu komputer (pemrograman). Dengan bermain CodeCombat pengguna akan belajar hal-hal mendasar seperti sintaks, logika pemilihan, pengulangan dan variabel.

CodeCombat mulai dikembangkan pada tahun 2013 oleh George Saines, Nick Winter, dan Scott Erickson. Ketiga pendiri CodeCombat ini sudah saling mengenal sejak sepuluh tahun yang lalu. Prototype CodeCombat dikerjakan oleh Nick diakhir 2012. Pada awal 2013, CodeCombat telah memiliki situs sendiri dan beberapa level untuk pemula. Kemudian pada pertengahan 2013 tepatnya bulan Juni, CodeCombat diluncurkan melalui situs Reddit. Setelah banyak umpan balik yang positif yang masuk, tim CodeCombat diluncurkan ulang dalam versi beta bulan Oktober 2013.

Dalam CodeCombat ada dua bahasa pemrograman yang bisa Anda pilih yaitu JavaScript dan Python. Kedua bahasa ini cukup mirip satu sama lain dan sangat bagus untuk pemula mengingat deklarasi sintaknya cukup mudah dipahami. Setelah memilih bahasa pemrograman langkah selanjutnya adalah memilih game yang ingin Anda mainkan. Tersedia dua jenis game yang bisa dimainkan untuk pemula Anda bisa memilih game Campaign.

Sesuai dengan konsepnya, Anda akan bermain game yang telah disediakan. Namun, di tengah perjalanan karakter utama yang sedang Anda mainkan akan mengalami masalah dan disinilah Anda belajar coding. Anda harus membantu karakter utama dengan cara memodifikasi kode yang telah disediakan. Misalnya pada level pertama yaitu Rescue Mission, karakter Anda akan terhambat karena salah jalur. Tugas yang diberikan yaitu menghapus salah satu kode yang membuat karakter salah jalur dan secara otomatis kode akan dijalankan. Dalam satu permainan akan terdiri dari beberapa level yang harus dilewati dan memiliki kesulitan yang berbeda-beda.

2. Light-Bot

lightbot
Light-Bot merupakan salah satu game flash yang cukup menarik. Game ini dapat membantu seorang programmer untuk memahami procedure. Tujuan dari game ini Bot menyalakan semua lampu. Bot dapat berjalan maju, belok, lompat dan terdapat 2 function. Selain itu kita juga dibatasi panjang dari algoritma kita, hal ini tergambar dengan banyaknya kotak perintah.

Cara mainnya cukup mudah, hanya menggunakan mouse memindahkan langkah yang ada. Seperti maju, belok, lompat dan function

Goal

Tujuan dari game ini ialah menyalakan semua lampu

Movement

terdapat beberapa intruksi antara lain maju, putar kiri, putar kanan, lompat, nyalakan, f1 dan f2. Intruksi ini dibatas sejumlah kotak. Instruksi ipndahkan dengan cara drag and drop

Character

character akan bergerak sesuai instruksi yg diberikan

3. Meincraft Hour of Code


minecraft
Dalam Meincraft Hour Code ini kamu akan mempelajari hal hal dasar ilmu komputer dengan mempogram Alex atau Steve agar bergerak.

Melalui potongan simulasi dunia Meincraft pemrograman biasa pada umumnya dibuat berupa teks tapi kali ini akan menggunakan Blocky. Sebuah sistem yang menggunakan bloc visual yang bisa kamu tarik dan simpan untuk menulis program, dengan kata lain kamu akan menciptakan kode JavaScript .

Dalam bermain Meincraft kamu harus memilih karakter atau tokoh terlebih dahulu, silahkan memilih Alex atau Steve. Perintahkan tokohmu untuk bergerak dengan perintah berikut:

1. Move forward
2. turn Left
3. Turn right
4. Destroy block
5. Shear
6. Place brich planks / oak planks / Spruce planks/ wool, dll

Jika kamau akan menghapus sebuah blok, pindahkan / tarik blok itu kearah menu perkakas dan masukkan kedalam tempat sampah.

4. CodeAcademy


codecademy

Website satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah mahir atau baru belajar coding. Saya sendiri cukup sering menggunakan website ini belajar bahasa pemrograman karena sangat interaktif dan menyenangkan.

Serupa halnya bermain game, belajar di Codecademy juga terdiri dari beberapa level. Misalnya belajar membuat website, di level pertama Anda diajarkan elemen-elemen yang digunakan dalam website. Level selanjutnya Anda mulai belajar coding dasar secara langsung. Anda akan diberikan instruksi-instruksi untuk memodifikasi kode yang telah disediakan. Apabila mendapat masalah atau kebingungan dalam menjalankan instruksi, tidak usah khawatir karena Codecademy telah menyediakan petunjuk yang akan menjelaskan maksud dari instruksi tersebut.

Di website ini, Anda bisa belajar banyak bahasa pemrograman seperti JavaScript, Python, HTML 5, dan bahasa lainnya. Sudah banyak kisah dari para anggota Codecademy yang telah berhasil belajar coding walaupun mereka tidak memilliki latar belakang IT.6. Code monkey

5. CodeMonkey


codemonkey

Codemonkey ini adalah sebuah game edukasi yang game playnya merupakan representasi dari bahasa pemrograman dengan paradigma Object Oriented. Setiap stagennya kita diberi tantangan untuk menggerakan seekor kera untuk mengambil pisang. Nah untuk menggerakannya kera tersebut kita cukup menuliskan syntax sederhana. Misalnya untuk 10 kali langkah syntaxnya menggunakan step 10, kemudian untuk balik kanan menggunakan turn left. Stage demi stage aturannya akan semakin kompleks dan semakin bertambah juga function yang digunakan untuk menggerakan si Kera. Namun jika kita mengikuti setiap stepnya dengan baik, rasanya akan terasa mudah. Kita cukup menggunakan logika atau alur bagaimana si kera harus mendapatkan semua pisang yang ada di stage, kemudian kita visualisasikan cara-cara tersebut kedalam syntax dengan menggunakan functions yang berada pada game Code Monkey

Saya pikir ini akan sangat baik sekali digunakan untuk memperkenalkan bagaimana alur bahasa pemrograman berjalan, khususnya bagi anak-anak. Apalagi simulasi ini dikemas dalam sebuah permainan yang interaktif dan menarik, sehingga bukan jamannya lagi istilah “Belajar bahasa pemrograman itu sulit“. Selain belajar bagaimana mengasah logika, codemonkey juga bisa menjadi media pembelajaran pengenalan programming pada anak-anak. Sehingga ketika mereka terbiasa atau bahkan mulai menyukai bagaimana merepresentasikan sebuah algoritma menjadi sebuah susunan bahasa, mereka akan tumbuh baik dengan itu

6. Classic Maze


angry bird

Cara bermain Classic maze inni sama seperti Meincraft Hour of Code, disini Anggry Bird akan bergerak sesuai dengan perintah yang kita buat untuk menangkap babi jahat.
berikut perintahya :

1. Move Forward
2. Turn Left
3. Turn Right
4. Repeat to ..

7. Gotta Code Em All 


gotta code em all
G
ame ini akan mengajari kamu tentang dasar-dasar pemrograman. Kamu akan menggunakan bahasa pemrograman Swift, namun konsep yang kamu pelajari akan berlaku untuk semua bahasa pemrograman. Kamu akan menggunakan variabel untuk menyimpan data dan fungsi untuk menentukan potongan kode. kamu juga akan menggunakan laporan if-then-else untuk memutuskan mana potongan kode untuk menjalankan dan loop untuk menjalankan potongan kode beberapa kali.

Sekian pengetahuan yang dapat saya share semoga bermanfaat dan selamat mengasah logika!
Terimakasih

Astri Novia Putri
Peserta Madani IT School Muslimah

Loading Facebook Comments ...