Brian Arfi : Menumbuhkan Entrepreneurship di Palembang

brian_arfi_faridhi__pemenang_wirausaha_mandiri_300_225

Blog Dhezign.com | Beberapa waktu lalu, Brian Arfi (CEO PT. DheZign Online Solution) diundang untuk mengisi seminar mengenai entrepreneurship di MDP Business School Palembang.

Pada waktu yang telah ditentukan, Sabtu, 12 Juni 2010, di depan ratusan mahasiswa, Brian menyampaikan materi tentang bagaimana membangkitkan jiwa dan minat berwirausaha serta bagaimana mengelola bisnis. Selain itu Brian juga berbagi pengalaman berwirausaha hingga memenangkan Wirausaha Muda Mandiri 2009.

Seringkali, dalam lingkungan akademis, ketika orang mau berbisnis, hal yang lazim dibicarakan adalah business plan. Bagaimana membuat business plan, apa saja isinya, bagaimana menerapkan pada action plan, dan pertanyaan-pertanyaan lain seputar business plan sering mengemuka. Cepat-cepat Brian mengatakan kepada para peserta yang hadir pada seminar tersebut bahwa business plan bukan syarat mutlak untuk memulai bisnis.

Jika ingin memulai bisnis dari nol, Brian menyarankan untuk mengabaikan business plan terlebih dahulu. Namun jika bisnis sudah mau dikembangkan dan akan menjangkau investor, business plan memang diperlukan.

Lalu, bagaimana memulai bisnis? Brian menyarankan untuk memulainya dari yang simple, sederhana, setahap demi setahap, untuk kemudian dikembangkan. Brian kemudian menceritakan bagaimana ia dan istrinya membangun PernikMuslim.com yang hanya berawal dari satu set komputer pemberian mertuanya, printer bekas, dan koneksi internet.

Jika bisnis masih awal, berikut ini beberapa tips dari Brian: pertama, kelolalah bisnis itu sendiri. Sebisa mungkin, jika memang Anda tidak menemukan orang yang tepat sebagai pengelola bisnis, kelolalah sendiri bisnis tersebut. Kedua, terjun langsung, jangan delegasi dulu. Dengan terjun langsung, Anda akan tahu dimana lelak kesulitan dan kemudahan bisnis tersebut. Ketiga, selalu tingkatkan kemampuan dan pengetahuan Anda. Dengan kemampuan dan pengetahuan yang bertambah, Anda akan semakin banyak menemukan variasi dalam pengelolaan bisnis.

Keempat, jalin jaringan dan relasi. Jaringan dan relasi sangatlah penting untuk memperluas jangkuan bisnis Anda. Kelima, perhatian utama pada cashflow yang sehat. Jika memang belum bisa mendapatkan keuntungan yang besar dan meraih omset yang besar, fokuskan terlebih dulu perhatian Anda pada cashflow yang membuat bisnis Anda bisa selalu berjalan.

Keenam, jangan pernah malu untuk berkembang. Hilangkan rendah diri dan malu dalam kamus Anda. Berusahalah, yang penting halal dan baik. Ketujuh, fokuslah pada bisnis yang sedang dikelola. Janganlah berusaha untuk mencari atau mengembangkan bisnis baru, jika bisnis yang sedang Anda kelola belum benar-benar menandakan isyarat kematian.

Dalam tiga jam seminar tunggal tersebut, selain menjelaskan panjang lebar tentang bagaimana memulai dan mengembangkan bisnis, Brian juga bercerita bagaimana cara melakukan sesuatu dengan cara berbeda, menjadi unik, tetapi dengan tetap memegang prinsip. Menurut Brian, menjadi berbeda seringkali butuh perjuangan yang panjang. Tapi jika Anda ingin dikenal dan dikenang, perjuangkan perbedaan itu.

Selesai mengisi seminar, Brian diminta mampir dulu ke Palembang TV (Paltv) untuk rekaman talkshow tentang entrepreneurship.

Loading Facebook Comments ...