Siswa Magang Dimas Pramudya : Mengenal Tentang GIT

Mengenal Tentang GIT
Sumber gambar: http://www.jurnalweb.com/

Blog Dhezign.com | Assalamu’alaikum, Selama saya belajar PHP saya mendapatkan suatu ilmu baru dari mas Ali yaitu tentang belajar GIT . GIT ?? Hubungannya Apa ??? itu adalah pertanyaan awal saya tentang GIT Namun ternyata GIT adalah salah satu dari Version Control System yang berguna untuk meng-handle semua dari kecil dan besar semua proyek dengan cepat dan efisien.

GIT bisa dikatakan sangat mudah dipelajari tergantung pemahaman masing masing yaaa? tapi pertama saya belajar konsep dari GIT dulu. Konsepnya kurang lebih begini, konsepnya GIT adalah tools yang berfungsi sebagai Version Control System (VCS) dan kalau diartikan ke bahasa kita artinya sebuah sistem pelacak perubahan pada file.

GIT sendiri dibuat oleh orang yang menciptakan Kernel Linux, yup… tidak salah lagi dia adalah yang mulia Linus Torvalds. makanya GIT menjadi tools yang populer dikalangan programmer untuk menyelesaikan proyeknya.

Ada banyak function di GIT. Kalian bisa buka di git-scm.com namun tenang disana pemahaman nya lebih bagus, dan saya pun mulai belajar mulai dari git init yaitu untuk menginisialisasi repository .

Lalu lanjut ke git checkout dan tak sampai disitu saya juga mulai membuat aku git lab , bitbucket dan git hub. Dan saya pun diberi latihan dari mas Ali yaitu mencoba mempush repository. Sebelumnya saya sudah membuat file dan repository nya di gitlab.com.

Pertama tama saya membuka bash git dan mulai mengetik kode git init untuk menginisialisasi repository kita, lalu membuka git status untuk memeriksa keadaan repository. Oke langsung saja. perama saya membuat 10 file dalam folder explorer namun saya membuat 10 file berformat txt dan meng add file tersebut dengan kode git add. dan juga mengcheckot dan memberikan comment lalu di push menggunakan git push origin master. Saya mulai melakukan perubahan dengan cara diatas namun aya merubah file satu persatu dan mempushnya satu satu jadi riwayat perubahan pertama sampai ke sepuluh bisa terlihat.

Setelah itu saya melihat repository di git lab. dan oke akhirnya praktek git pertama saya selesai . tapi saya harus belajar lagi agar mahir untuk menggunakan GIT. OKe Sampai Disini Dulu Ya . Wassalamu’aiaikum.

Loading Facebook Comments ...