Memahami Dasar Controller dan Routes di Laravel

Sebelum memahami cara kerja controller dan routes, kita harus tau konsep MVC, M adalah Model yang digunakan untuk mengabil data dari database.

V adalah View digunakan untuk membuat tampilan HTML, CSS, Javascript dll. C adalah Controller yang digunakan untuk mengontrol atau menjembatani antara Model dan View atau untuk mengatur alur program yang anda buat.

Kali ini kita akan belajar Route. Untuk persiapan mari kita buka file route.php lalu buat file baru didalam folder controller dengan nama ProfileController.php

1

Dasar Controller

2

Code ini terletak di file routes.php dan apa hubungannya, routing digunakan untuk menentukan uri atau format url.

Lah ketika kita belajar routing sebelumnya string Ini Contoh Halaman Home berada dirouting itu sendiri, bayangkan jika didalam method / fungsi Route::get(‘/’,function() Ini sampai puluhan atau sampai ratusan baris apa kita tidak pusing melihatnya belum lagi ditambah fungsi – fungsi yang lainnya.

Maka dari itu controller ini berfungsi memecah code itu sendiri. Bagaimana caranya agar fungsi – fungsi puluhan bahkan ratusan itu kita pindah ke controller.

Code di atas silahkan ganti seperti dibawah ini :

3

Dan ubah code di ProfilController.php dengan kode dibawah ini :

4

Penjelasan :

Route::get adalah method digunakan untuk digunakan untuk menampilkan view maupun data.

Tanda ‘/’, menunjukan route yang di definisikan atau dibuat untuk route utama atau halaman utama contoh seperti seputarpmrograman.com bukan seputarpmrograman.com/tutorial-laravel.

ProfileController , adalah nama file ataupun class controller.

index , adalah method atau fungsi yang berada di controller.

Untuk mencoba menajalankan program sama seperti sebelumnya ketikan url seperti ini

http://localhost/projectlaravel/public/

Loading Facebook Comments ...