Malam penghargaan TeknoPreneur Award 2009 (un)Official Report

TeknoPreneur Award 20091

Blog Dhezign.com | Last night was a BLAST! Ini adalah kali pertama saya datang ke sebuah event nasional yang kursinya nggak cukup sehingga banyak peserta (termasuk saya) harus berdiri. Hahaha…

Kidding. Saya berbicara tentang teknopreneur award 2009 yang di gelar di Ballroom 1 Ritz Carlton hotel jakarta kemarin malam. Teknopreneur Award 2009 sendiri diselenggarakan oleh Teknopreneur.com, Ikatan Alumni ITB, dan TeknoVentura. Kalo nggak salah ingat, ini adalah penyelenggaraan kali kedua.

Tentu saja, saya beruntung diundang di event tersebut. Walaupun ngerasa agak ‘salah tempat’ karena kebanyakan yang datang adalah alumnus ITB. Kenapa? Karena saya punya kesempatan untuk berkenalan dengan banyak orang hebat disana.

Dan tentu saja ini adalah event yang tepat untuk mempelajari seperti apa sebenernya pemerintahan bergerak menanggapi Industri Kreatif dan teknologi. Spesifiknya, di bidang internet dan online.

Walaupun di penghujung acara itu ada talkshow, yang salah satu pembicaranya adalah @anindyabakrie membahas tentang industri teknologi dan startup yang tidak mungkin bisa mendapatkan pendanaan dari bank. Dan kemudian dibahas juga tentang contoh-contoh dari startup seperti facebook, google, yahoo, microsoft.

Lucu (dan anehnya), walaupun kebanyakan yang dijadikan contoh itu adalah Industri Online atau website, sepertinya kok mereka tetap aja lupa dan selalu mengarahkannya kepada teknologi secara umum. Bukannya jelek ato gimana, tapi it’s So…. last decade! untuk bergantung pada industri teknologi secara umum.

Kenapa? Proprietary technologynya tidak kita kuasai. Dan capital yang dibutuhkan untuk research sangat besar. Belum lagi untuk marketingnya. Berbeda dengan industri Online atau internet yang relatif nggak butuh research budget dan marketingnya pun kebanyakan buzz. Memang dititik ini saya berpihak pada industri online dan pendapat saya sangat subjektif hehe…

Anyway, seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya mengenai teknopreneur award ini. Ajang kompetisi ini ‘salah sasaran’. Yang ternyata setelah di konfirmasi merupakan strategi dari penyelenggara untuk mencari role model bisnis yang bisa dijadikan panutan atau contoh startup yang sebenarnya.

TeknoPreneur Award 20092

TeknoPreneur Award 20093

TeknoPreneur Award 20094

TeknoPreneur Award 20095

Dan bersyukurlah. Insya Allah tahun depan startup akan bisa mengikuti ajang ini karena ada kategori tersendiri. (horeee!)

Acara ini dihadiri oleh 2 mentri, Hatta Radjasa dan @tifsembiring, mentri pantun eh, menkominfo. Lumayan bagus pidatonya Pak Hatta, sayang @tifsembiring masih bawa text, lain kali pede aja pak. Berpantun jago masak pidato make catetan :p

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh Bapak Cahyadi dari KADIN. Pak Budi Sadikin, Direktur Bank Mandiri yang juga jadi salah satu sponsor dan pendukung acara ini. Mbak @shintabubu juga datang, sayang nggak sempat ketemuan karena entah ada dimana si mbak.

Inti apa yang disampaikan oleh bapak-bapak mentri kemarin adalah bahwa mereka sadar sebenarnya bahwa startup ini success ratenya kecciiiill… sekali. Dan mereka sadar bahwa bank itu tidak mungkin bisa membantu startup karena nggak punya kolateral.

Sementara itu, bunga bank tetap tinggi yang menyebabkan orang lebih suka investasi dibidang finance. Dan bahwa entrepreneur di Indonesia masih dibawah 1%. Padahal butuh diatas 4% untuk mensejahterakan negara.

Pertanyaan besar saya adalah, sudah tahu gitu… kok ya nggak ada langkah kongkrit??

Banyak yang harus berdiri karena gak ada tempat duduk
Banyak yang harus berdiri karena gak ada tempat duduk

Saya salut terhadap @anindyabakrie yang sedang dalam proses mendirikan ICT Foundation, sebuah ventura yang akan memberikan dana untuk para startup. Sedih memang karena nggak fokus di dunia online, tapi itu sudah merupakan sebuah langkah yang bagus. Semoga saja benar benar ventura, bukan pinjaman yang ‘nyamar’ jadi ventura hehe…

Selamat juga pada para pemenang tadi malam. PT Zamrud Khatulistiwa, PT Sisfo Technology, dan PT Balerang. Saya nggak hafal urutannya. Tapi buat anda yang menyaksikan live tweet saya semalam insya Allah bisa dicek disana.

Mentri yang satu ini lagi mau cabut…
Mentri yang satu ini lagi mau cabut…

Alhamdulillah kemarin sempat melakukan sedikit wawancara dengan Bapak Zen Rosdy Nur, President Commisioner dari PT Sisfo Indonesia, salah satu pemenang TeknoPreneur award kemarin. Walaupun wawancara saya dengan @anindyabakrie gara gara keduluan sama orang TV One. Ya maklum lah… kalah level hahaha…

Saya akan tulikan hasil interview singkat saya di post saya selanjutnya. Informasi ini penting bagi anda yang membangun bisnis B2B yang ketakutan dengan adanya praktek sulap suap.

Penutupan acara diakhiri dengan cerita yang sangat inspiratif oleh Pak Adie Marzuki, ketua panitia yang juga moderator talkshow.

Talkshow, parahnya saya lupa siapa tuh yang paling kanan. hahaha…
Talkshow, parahnya saya lupa siapa tuh yang paling kanan. hahaha…

Beliau menggunakan sebuah cerita khayalan untuk mengilustrasikan tentang bagaimana nilai project yang diajukan oleh orang Indonesia jauh lebih mahal dibandingkan vendor dari US atau Jepang. Semua disebabkan karena praktik KKN dan suap 🙂

Apakah anda juga pernah punya pengalaman tentang hal ini? Silahkan sharing disini.

Loading Facebook Comments ...