Liputan Dhezign di Media Indonesia “Berbisnis Jangan Bohong”

Liputan Dhezign di Media Indonesia

Itulah judul pada artikel berita halaman Move, harian Media Indonesia edisi Minggu, 26 September 2010. Artikel berita tersebut menceritakan tentang kegiatan Brian Arfi (CEO PT DheZign Online Solution).

Berikut ini beberapa petikan wawancara wartawan Media Indonesia dengan Brian:

Lagi sibuk apa nih?

Sibuk di PT DheZign OS, online marketing agency & web development services.

Kegiatannya sehari-hari presentasi ke klien, dan menjalankan strategi online marketing. Kalau di PernikMuslim.com mengawasi berlangsungnya kegiatan e-commerce dan menyarankan strategi dan perencanaan untuk ke depan. Saya juga menulis di RumahDOt.com juga tentang web business dan hasil wawancara dengan orang-orang yang sukses di industri web Indonesia.

Bagaimana keputusan berwirausaha tercetus?

Karena enggak mungkin ada mahasiswa semester tiga bisa diterima kerja, lalu punya masa depan yang bagus. Sementara itu, waktu itu saya sudah menikah.

Jadi bisnis adalah satu-satunya jalan. Wirausaha itu bukan untuk orang yang penakut dan ingin hidup “normal”.

Seru ya bisnis internet?

Definisi “bisnis internet” sendiri banyak yang rancu. Sebenarnya internet itu adalah sebuah medium baru, atau cara baru dalam melakukan sesuatu.

Nah, karena sifatnya yang seperti ini, kesempatan untuk membawa bisnis dari medium lama ke medium yang baru terbuka lebar. Contoh, software yang dulu harus dibeli, sekarang banyak yang bisa diakses dengan murah hanya dengan membayar biaya bulanan yang relatif murah.

Majalah dan koran ada versi daringnya, toko ada daringnya juga, mal juga ada yang daring. Buku direktori semacam Yellow Pages juga malah banyak yang daring, dan lebih bermanfaat serta usable.

Tergantung kreativitas kita. Kalo pingin tahu lebih lanjut, sering-sering mampir ke RumahDot.com/events dan cari tahu ajang tentang dunia daring yang ada di sana. Ada StartUpLokal dan FreSh di Jakarta, FOWAB di Bandung, Bancakan 2.0 di Jogja, suWec dan FreShSby di Surabaya.

Apa saja yang dibutuhkan buat seorang anak muda terjun di dunia bisnis?

Selama kita enggak berhenti melakukan sesuatu, lama-lama kita jago. Ada yang belajarnya cepat, ada yang lambat, tapi semuanya sama. Kalau dilakukan terus menerus, lama-kelamaan akan paham.

Bisnis juga gitu, nekat atau berani itu perlu untuk pertama kita jalan tapi untuk selanjutnya, menurut saya yang paling penting adalah persisten dan sabar.

Perusahaan seperti Unilever enggak dibangun dalam waktu cuma 10 tahun. Google juga enggak berdiri begitu saja, lihat dulu background founder dan pengalaman di belakangnya. Tidak menyerah dan sabar, tidak terburu-buru dan sadar bahwa semuanya butuh waktu.

Pencapaian ke depan?

Perlahan kami akan membangun reputasi dengan mengerjakan online campaign dan website dari brand nasional dan global. Sementara itu, kami juga berharap VimpleShop.com bisa dimanfaatkan UKM Indonesia.

Pesan untuk mereka yang mau mulai bisnis?

Konsistensi, persistensi, dan kesabaran. Bisnis itu enggak bisa dibangun dalam sekejap mata. Konsisten, pelan-pelan. Pohon yang besar dan kokoh itu punya akar yang kuat.

Kita harus bangun akar bisnis dengan kuat agar bisa bertahan lama. Kecuali mau kaya cepat dan mendadak, tipu-tipu saja ke sana kemari, dijamin lebih cepat kaya, tapi hidup enggak tenang.

Loading Facebook Comments ...