Ketika Workshop “Cermat Bikin Business Plan” di Expo KOMmMBIS

di-workshop-binis-plan

Blog Dhezign.com | Rabu, 5 Mei 2010 Brian Arfi (CEO PT. DheZign Online) diundang oleh Komunitas Mahasiswa Memulai dan Mengembangkan Bisnis (KOMmMBIS) untuk mengisi workshop “Cermat Bikin Bisnis Plan” dalam acara KOMmMBIS Young Entrepreneur Exhibition.

Acara yang digelar di Gedung Bangsal “Pancasila” Universitas Wijaya Kusuma Surabaya tersebut ramai oleh para wirusahawan muda yang terlihat semangat ingin memulai dan mengembangkan bisnis mereka.

Brian menganggap bahwa proposal perencanaan bisnis itu penting dan tidak penting. Tidak penting ketika ia malah menghambat ruang gerak wirausaha. Namun bisa jadi penting ketika pebisnis ingin mempunyai buku pegangan.

Lalu apa saja hal minimal yang harus ada dalam business plan? Yang harus ada dalam business plan antara lain: business overview, sales & marketing plan, operating plan, human resource plan, action plan & time table, excutive summary, serta financial plan.

Buatlah business plan yang simpel, jangan terlalu bertele-tele. Biasanya, investor hanya ingin melihat secara garis besar dari business plan Anda. Jangan lupa juga untuk meminta kritikan dan petunjuk dari orang lain yang sekiranya bisa membangun.

Akan tetapi, yang maha penting adalah jika mau berbisnis lakukanlah dulu. Berprakteklah.

Loading Facebook Comments ...