Cerdaslah dalam Bersaing dan Menjalankan Bisnis Online

cover-buku pengusaha muslim

Blog Dhezign.com | Majalah Pengusaha Muslim edisi Oktober 2010 membahas tentang Mendulang Uang dari Bisnis Online. Dalam salah satu bahasan topik utamanya Majalah pengusaha Muslim melakukan wawancara dengan Brian Arfi Faridhi (CEO PT. DheZign Online Solution) tentang bagaimana bersaing dan menjalankan bisnis online. Berikut ini beberapa petikannya:

Bagaimana memilih jenis dan format bisnis online yang prospektif?

Sebenarnya sama seperti memilih bisnis di dunia nyata. Jika anda adalah pemula, pilih yang paling anda sukai, dan anda kuasai. Hal ini akan memberikan kemudahan bagi anda dan ketahanan untuk terus menjalankan bisnis anda sementara belum ada hasil riil yang masuk. Jangan mudah tergiur dengan banyaknya penawaran bisnis online yang terlihat mudah. Misalnya, adsense, banyak sekali yang masuk ke bidang ini dan berharap mendapatkan uang dengan cepat. Namun adsense sama dengan bisnis lainnya, harus dilakoni dengan serius dengan sepenuh hati.

Dalam menjalankan bisnis online, pertimbangan apa saja yang perlu diperhatikan?

Pertimbangan akhirat tentu saja. Contohnya, ada sebuah tipe website yang sangat terkenal dan mampu mendatangkan keuntungan instan. Website itu adalah website judi berkedok lelang. Website ini menjanjikan orang bisa membeli handphone dengan 1/10 harga aslinya, laptop dengan harga kurang dari Rp 100.000 ,- dan seterusnya. Namun sistemnya sendiri adalah judi, karena untuk mengikuti lelang, mereka harus membayar sejumlah uang tertentu untuk ikut ngebid (nawar). Padahal, di website lelang yang sebenarnya, juga sistem lelang yang halal, nggak ada ceritanya kita diminta membayarkan sesuatu untuk menawar. Kita hanya wajib membayar saat sudah terjadi akad jual beli.

Selain pertimbangan di atas, tipe bisnis juga harus diperhatikan. Metode marketing yang cocok untuk sebuah startup (bisnis awal) yang menjual SaaS (Software as a Service) dan sebuah toko online seringkali berbeda. Jangankan begitu, seringkali meski sama-sama toko online, namun memiliki strategi online marketing yang berbeda karena tujuan jangka panjang dan jangka pendeknya berbeda. Katakanlah ada yang tujuannya memperbesar profit, karenanya ia tergantung pada SEO secara penuh. Sedangkan yang lain, tujuannya untuk menggiatkan komunitas dan mendapat user base, maka strateginya bergerak lebih ke arah media sosial.

isi buku pengusaha muslim

Hal yang juga sangat penting diperhatikan adalah bahwa bisnis online itu sama seperti bisnis pada umumnya, tidak gratis dan tidak juga murah. Meski bisnis online membutuhkan uang relative lebih sedikit tapi take off-nya jauh lebih lama dibandingkan bisnis di dunia nyata. Bisnis yang sensitif modal itu misalnya adalah usaha yang berhubungan dengan stok, distribusi, grosir, dan sebagainya. Sedangkan di bisnis online semua itu bisa dicari solusinya. Memiliki toko online dengan ribuan produk tidak selalu berarti anda harus memiliki barang riil di gudang Anda bukan? Tapi ya itu, Anda harus membangun costumer base anda dari awal dan perlahan-lahan. Tanpa marketing yang tepat, tidak ada seorangpun yang akan tahu tentang toko online Anda.

Bagaimana cara mengembangkan bisnis online agar efektif?

Banyak caranya, dan itu juga tergantung pada jenis bisnisnya. Yang pasti, jangan menutup diri dan Anda harus mau belajar dan meluangkan waktu untuk bertemu dengan orang-orang yang sudah lebih lama dibandingkan anda di bisnis online ini. Apalagi industri web dan bisnis online ini cukup luas, dan perkembangannya sangat cepat. Satu-satunya cara agar bisnis online Anda berjalan efektif adalah terus belajar dan tidak merasa pintar. Salah satunya Anda dapat bergabung dengan Asosiasi Industri Web Indonesia (AIWI) di http://aiwi.or.id. Ingat juga bahwa bisnis online itu bukan bisnis gratisan. Jadi berhenti berpikir bahwa toko online itu gratis dan kreatiflah mencari cara mengembangkan bisnis anda dengan anggaran yang minimal.

Bagaimana strategi untuk membangun kepercayaan konsumen?

Tergantung tentu saja. Berbeda bisnis dengan segmen market berbeda pula strategi yang harus diterapkan. Intinya adalah, kita hadir dan terus-menerus hadir di mana konsumen kita ada. Layani dengan totalitas, entah itu berhubungan dengan layanan kita atau tidak.

Contohnya, di PernikMuslim.com, toko online yang saya bangun sejak 4 tahun lalu banyak sekali yang menelpon atau YM, bukan bertanya tentang produk tapi kadang curhat. Apakah kita abaikan? Tentu saja tidak! Itu adalah cara kami membangun hubungan dan trust pelanggan. Selain itu juga dapat dengan memenangkan penghargaan dan ikut aktif di kegiatan atau event-event sosial seperti Koin Prita tahun lalu atau kegiatan offline seperti pameran.

Tentu saja semua itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tapi saya sadari bahwa saya membangun bisnis ini bukan hanya untuk 5 sampai 10 tahun ke depan, tapi ini adalah fondasi bisnis yang insya Allah akan berkembang sampai lebih dari 100 tahun ke depan.

***

Masih banyak pertanyaan yang diajukan Majalah Pengusaha Muslim kepada Brian, antara lain: tips-tips apa saja untuk memenangkan bisnis atau toko online di tengah persaingan yang sudah demikian ketat? bagaimana mengetahui kredibilas sebuah toko online? dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengetahui jawabannya, simak dalam Majalah Pengusaha Muslim edisi Oktober 2010.

Loading Facebook Comments ...