Brian Arfi : Starting & Developing Your Online Presence

presentasi-WMM09-jatim2-300x200 (1)

Blog Dhezign.com | Mau tak mau, cepat atau lambat dunia online akan menjangkiti banyak hal. Meski masih berpegang pada aspek offline, dunia bisnis sudah memperhitungkan aspek online.

Pada Sabtu, 5 Juni 2010, komunitas bisnis Tangan Di Atas (TDA) Jakarta Selatan menggelar pelatihan strategi bisnis online untuk para anggotanya di Plaza Aminta, Jakarta. Pelatihan tersebut dibawakan oleh Brian Arfi, pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2009 yang sudah lama menggeluti bisnis online.

Menurut Sonny B Sofjan, Divisi Bisnis TDA Jakarta Selatan, pelatihan ini diadakan untuk yang baru mau dan sudah terjun ke online. Untuk yang baru mau terjun, bisa lebih tahu apa alasan pakai facebook, twitter, blog misalnya. Bagi yang sudah terjun, pelatihan ini sebagai ajang evaluasi dan penajaman strategi bisnis yang sudah dilakukan selama ini.

Brian memberikan alasan mengapa kehadiran di online itu penting. Hal itu terkait dengan aksesibilitas. Jika kita ada di dunia online, kita akan lebih mudah diakses dan mengakses orang lain. Sekarang ini, seringkali orang mencari informasi tentang suatu hal cukup mengetikkan kata kunci tertentu pada mesin pencari. Nah, jika Anda ada di wilayah online, di website, facebook, twitter, blog, foursquare, ataupun forum, kesempatan Anda untuk ditemukan lebih besar.

Lalu apa manfaatnya bagi bisnis? Prinsip dasar branding adalah, semakin Anda banyak dikenal, akan semakin terbuka peluang untuk meningkatkan bisnis Anda. Dunia online memberi kesempatan Anda untuk mengenalkan diri Anda seluas-luasnya.

Beberapa langkah yang harus Anda lakukan ketika memasuki dunia online antara lain: memiliki reference website, baik untuk bisnis maupun personal. Jika masih awal, Brian menyarankan untuk memulai dengan membuat blog. Tapi jika sudah mulai banyak dikenal orang, Brian menganjurkan untuk membuat website personal.

Kemudian apa yang bisa dilakukan dengan facebook? Facebook bisa digunakan sebagai secondary reference. Selain itu, facebook juga bisa digunakan untuk menghimpun fans, mencari orang-orang yang bergerak dalam bidang yang sama, memata-matai saingan, serta bisa digunakan untuk menyampaikan pesan kepada orang-orang tertentu.

Sekarang ini juga ramai orang memakai twitter. Apa manfaat twitter? Twitter merupakan sumber informasi yang luar biasa dahsyat dan cepat. Banyak orang yang berbagi info melalui microblogging ini. Jika Anda memasuki lingkungan twitter, follow-lah orang yang tepat. Cari orang-orang yang tepat melalui google, temukan akunnya, dan follow mereka. Kemudian, jalin interaksi dengan mereka. Lupakan berapa follower Anda, fokus-lah pada belajar dan mendapatkan informasi. “Nah, saat sudah mulai dikenal dan follower meningkat, saatnya Anda narsis!”, kata Brian.

Untuk foursqure, Brian masih menganggapnya sesuatu untuk bersenang-senang saja. Sedangkan untuk forum, Brian menyarankan untuk menganalisa dulu apa fungsi forum tersebut, apakah bisa digunakan untuk branding atau tidak. Brian mewanti-wanti, ketika memasuki dunia online, usahakan tetap memperhatikan etika. Misalnya, janganlah menjadikan facebook sebagai alat spam dan hardselling.

Pada bagian penutup, Brian mengingatkan bahwa setiap tahapan dalam terjun ke dunia online itu berbeda, jadi strateginya juga beda. Lalui dengan sabar, jangan terburu-buru.

Loading Facebook Comments ...