Brian Arfi : Review MarkPlus Conference 2010 (1) General Overview dan Pendapat Saya

http://blog.dhezign.com/ markplus

Blog Dhezign.com | Sebenarnya saya berniat untuk segera menulis dan sharing tentang event MarkPlus Conference 2010 yang saya ikuti tanggal 10 desember 2009 kemarin. Tapi berhubung event full sekali, mulai dari pagi jam 08.00 hingga malam pukul 22.00, sesampainya di rumah saya langsung tepar dan tidur. Untung masih bisa bangun jam 3 pagi.

Anyway, satu penting hal yang ingin saya share sebelum menginjak ke posting inti, yaitu tentang koneksi dan sinyal di ritz-carlton ballroom pacific palace yang menjadi venue acara kemarin. Baterai Nokia 5800 saya yang biasanya bisa bertahan 12 jam untuk pemakaian normal, mendadak cuma bertahan 4 jam.

Dan selama berada di ballroom tersebut, praktis koneksi internetnya sama sekali tidak bisa digunakan. Btw, sebagai informasi saya menggunakan flash (HALO). Kondisi inilah yang sangat saya sesalkan sehingga saya nggak mungkin ngetweet di tempat.

Mengenai posting sebelumnya disini, saya memang tidak berharap banyak secara materi dan insight baru. Hal serupa juga dikatakan oleh @Pitra yang juga datang di event yang sama tahun sebelumnya. Otomatis saya hanya berharap bisa menjalin relasi, bertemu orang-orang baru, dan makan.

Ternyata eh ternyata, apa yang terjadi disana….. nggak jauh sih dari dugaan, tapi ada beberapa hal yang membuat saya bisa bersyukur dapat tiket gratis untuk acara kemarin.

Memang, white paper yang disampaikan oleh Hermawan Kartajaya kemarin tidak tampak baru bagi saya. Dan apa yang beliau sampaikan juga senada dengan yang disampaikan oleh Brad Sugars sewaktu dia datang ke Jakarta bulan kemarin. Intinya adalah bahwa tahun 2010, the sky looks brighter.

Bahwa dunia bisnis akan mulai tumbuh kembali setelah mengalami keterpurukan. Bisnis akan berlomba-lomba dan bersaing karena konsumen dan kondisi global sudah mulai pulih.

Senada dengan apa yang disampaikan Brad, bahwa saat ini adalah spring time dalam dunia bisnis. Setelah sebelumnya mengalami keterpurukan (winter), sekarang banyak bisnis tumbuh dan bermunculan. Saat ini adalah saat dimana dihasilkan uang dalam jumlah yang besar bagi sebuah bisnis.

Analisis dan insight yang sangat positif dan inspiratif dari Hermawan dan Brad! Terutama jika anda juga bergerak di bidang bisnis. Paling tidak, apa yang Hermawan sampaikan kemarin bisa menjadi materi pendukung saya untuk disampaikan kepada client.

Selain itu Hermawan Kartajaya juga membahas tentang New Wave marketing yang juga ia tuliskan dalam bukunya yang baru, Connect.

Cukup inspiratif karena dalam konsep yang baru ini, beliau sangat banyak membahas tentang new media seperti online dan bagaimana cara memanfaatkannya dengan baik. Serta beliau juga mengingatkan bahwa, online dan offline tetap harus berjalan berdampingan jika ingin sukses.

Kedua campaign harus memiliki sinergi yang kuat dan mempunyai tujuan yang jelas.

Selain itu, legacy marketing seperti 9P juga ia katakan sudah mengalami perubahan ke model yang baru. Saya tidak akan bercerita banyak mengenai hal ini saat ini. Kenapa? Karena disamping saya masih menunggu kiriman materi dari salah seorang teman yang saya temui disana (karena kemarin tidak sempat download), saya juga hanya ingin membahas secara umum, dan tidak ingin berpanjang lebar dalam post kali ini.

Bagaimana dengan makanannya? Well… saya tidak tahu dengan orang lain, tapi saya pribadi punya mixed feeling. Yang pertama, hampir semua makanan utamanya tidak sesuai dengan taste saya. Tapi, desert, cookies, dan pastrynya sangat enak!

Satu lagi yang perlu menjadi perhatian. Ruangan untuk socializing (FBI di istilah acara kemarin), yaitu foyer stage, itu amat sangat sempit! Anda tidak akan bisa melihat ada satu meter disekeliling anda yang tidak dipenuhi oleh manusia. Apalagi tempat sholat dan waktu antri makanan… WUIH!! definitely needs a lot of improvement :)

Tapi, itu hanya hal kecil dibandingkan manfaat yang bisa saya dapatkan dari hadir di MarkPlus Conference 2010 kemarin. Tentu saja saya berharap bisa dapat tiket free lagi tahun depan. Paling tidak saya bisa minta sama Leonita yang kemarin bagi bagi tiket untuk blogger

Loading Facebook Comments ...