Brian Arfi : Menyebar Tips di RoTiFreSh

brian-waktu-di-RoTiFreSh-225x300

Blog Dhezign.com | Return of Tuker Ilmu Freedom of Sharing (RoTiFreSh) di Semarang edisi Mei kemarin mengangkat tema “Dunia Freelance”. Pada Jumat, 28 Mei 2010 panitia RoTiFreSh menghadirkan Yogi, Founder Foxilab dan Visit Semarang, Brian Arfi, CEO PT. DheZign Online Solution, dan Dian Adi Prasetyo.

Di Ruang Prambanan Hotel Santika Premiere Semarang, Brian menceritakan pengalamannya selama berbisnis online kepada peserta FreSh. Berikut ini beberapa hal yang dibutuhkan seseorang sebelum mulai terjun ke dalam bisnis: pertama, mental yang kuat. Yaitu mental yang pantang menyerah dan pantang malu. Kedua, skill dan knowledge. Skill dan knowledge bisa diperoleh dari bangku sekolah dan jam terbang dalam bergaul.

Ketiga, relasi. Relasi bisa didapatkan dari mana saja. Tapi yang paling penting adalah bagaimana kita menjaga relasi yang sudah didapat tersebut agar tetap baik. Keempat, integritas yang kuat. Meski orang bilang apa, jika memang apa yang Anda lakukan Anda rasa benar dan terbaik bagi bisnis Anda lakukanlah. Kelima, pentang menyerah. Gagal itu biasa. Brian mengaku pernah 9 kali gagal dalam berbisnis.

Setelah mempunyai fondasi bisnis seperti di atas, barulah selanjutnya menentukan bisnis apa yang paling cocok, apakah kedepan prosfeknya bagus, apakah kita punya skill yang dibutuhkan, mau dikerjakan sendiri atau bekerjasama, apakah bisnis tersebut tergolong sederhana dan unik, merupakan bisnis sampingan atau utama, dan seberapa besar modalnya.

Salah satu yang ditekankan Brian adalah kuasai akses belajar. Cari orang-orang yang bisa menjadi guru dan mau untuk membagi ilmunya. Dekati mereka, akrabi, dan jangan malu untuk belajar dari mereka.

Kuasai teknologi untuk akses belajar. Banyak hal-hal baru yang datangnya dari luar negeri. Apalagi, dalam bisnis online. Menguasai bahasa internasional dan cara mengaksesnya merupakan hal penting agar akses belajar semakin terbuka.

Loading Facebook Comments ...