Brian Arfi : Mengajak Mahasiswa UI Berwirausaha

brian-di-mandiri-UI-300x2258

Blog Dhezign.com | Usaha menumbuhkan budaya wirausaha di Indonesia semakin gencar dilakukan Bank Mandiri. Pada Senin, 31 Mei 2010 lalu, ketika Bank Mandiri mendapat kunjungan dari mahasiswa-mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI), Manajemen Bank Mandiri meminta Brian Arfi untuk berbagi pengalaman dan memberikan beberapa tips wirausaha.

Di depan mahasiswa UI, Brian Arfi yang merupakan salah seorang pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2009 kategori industri kreatif mahasiswa, menceritakan pengalamannya dalam memulai dan mengembangkan bisnis online (PT. DheZign Online Solution) yang digelutinya. Brian mempresentasikan “How to Start Your Own Business”.

Puluhan mahasiswa UI yang ada di Auditorium Plaza Mandiri tersebut diajak Brian untuk melihat potensi mereka dan bagaimana seharusnya mereka mendayagunakannya terutama dalam hal kewirausahaan. Brian berusaha menggugah para mahasiswa UI tersebut dengan menceritakan pengalamannya berwirausaha sembari aktif kuliah.

Menurut Brian, yang terpenting, ketika akan memulai berwirausaha adalah kemauan yang kuat. Terkadang, para mahasiswa disibukkan dengan proposal perencanaan bisnis. Baginya, proposal perencanaan bisnis hanya diperlukan ketika wirausahawan butuh modal dari investor dan mungkin ketika bisnis butuh untuk pengembangan. Jika modal awal sudah dipunyai sendiri, proposal perencanaan bisnis tak terlalu diperlukan. “Lakukan saja. Jika gagal, belajar dari kegagalan, dan bangkit lagi”, katanya.

Berikut ini menurut Brian, beberapa hal yang dibutuhkan seseorang sebelum mulai terjun ke dalam bisnis: mental yang kuat, skill dan knowledge, relasi, integritas yang kuat, dan pantang menyerah. Kelima hal tersebut merupakan fondasi dalam berwirausaha.

Salah satu hal yang ditekankan Brian pada presentasinya waktu itu adalah tentang anjurannya untuk menguasai teknologi sebagai akses belajar. Brian mengajak para mahasiswa UI tersebut untuk memanfaatkan keahliannya dalam ilmu komputer.

Peluang bisnis dalam bidang teknologi informasi menurut Brian semakin terbuka, apalagi jika melihat tren penggunaan internet yang sudah mulai menyentuh banyak aspek kehidupan. Sayang sekali jika ilmu yang didapatkan dari bangku kuliah sia-sia. “Nah, jika ingin menjadi IT-preneur harus bisa menguasai teknologi dan berinovasi”, tandasnya.

Loading Facebook Comments ...