Brian Arfi : Mari Berbagi Mari Berkomunitas

brian-dhezign-di-freshsby-300x200

Blog Dhezign.com | Sebagai salah satu pembicara yang didaulat untuk membahas tema “communitization” dalam forum FreSh Surabaya, Brian Arfi memulai presentasinya dengan menceritakan perjalanan dia mengunjungi beberapa komunitas digital di kota besar di Jawa. Ia mulai dari Surabaya dengan komunitas web-nya (suWec), kemudian datang ke FOWAB Bandung, Bancakan 2.0 di Jogjakarta, RoTIFreSh di Semarang, dan StartUpLokal di Jakarta.

Brian menemukan kesamaan semangat dari komunitas digital di kota-kota tersebut. Yaitu, ingin bersama-sama mengembangkan industri digital di Indonesia. Jika dilakukan sendiri, mengembangkan industri akan berat rasanya. Namun jika dilakukan secara bersama dan bekerja sama, tentu saja akan lebih ringan.

Brian mencontohkan, di Silicon Valley, orang-orang berani sharing tentang ide produk digitalnya ke komunitas. Dari sharing tersebut, mereka akan mendapat masukan dan dukungan dari anggota komunitas lainnya. Sudah terbukti, dengan cara seperti itu, Silicon Valley, bisa menjadi kawah candradimukanya para digitalpreneur yang sukses dan bisa mempengaruhi industri digital dunia.

Jika komunitas-komunitas di Indonesia bisa melakukan prinsip yang sama, besar kemungkinannya industri digitalnya akan semakin berkembang pesat. Di dalam komunitas berteman, saling berbagi, saling mendukung. Dan jika sudah keluar dari forum, saatnya berlomba-lomba untuk menciptakan produk yang terbaik di antara yang lainnya.

Jadi teman-teman.. keluarlah dari sarang. Mari berkumpul. Berbagi. Berkomunitas.

Loading Facebook Comments ...