Brian Arfi : Dari Bancakan 2.0: Getting The Business Spotlight

brian-arfi-

Blog Dhezign.com | Kali ini ulasan saat Brian Arfi, CEO PT. DheZign Online, diminta untuk berbagi dalam acara Bancakan 2.0 di Jogjakarta. Bancakan 2.0 merupakan suatu acara ajang berbagi tentang teknologi (fokusnya startup dan apps development) di Jogjakarta.

Waktu itu Kamis, 27 Mei 2010, dalam acara Bancakan 2.0, Brian berbicara dalam lingkup tema Getting The Business Spotlight. Brian membuka presentasinya dengan memperkenalkan diri. Sesi narsis, katanya.

Selanjutnya, Brian menceritakan mengapa ia memilih jalan hidup sebagai entrepreneur. Brian menikah pada umur 18 tahun. Pada usia semuda itu, dia harus tetap kuliah dan menafkahi keluarganya. Beberapa jenis bisnis pernah ia lakukan. Pernah membuka usaha jus kaki lima, les privat, roti bakar, bubur kacang ijo, burger penyet, batagor, dan semuanya gagal total.

Singkat cerita bisnis online-lah yang akhirnya ia pilih. Beberapa tahun ia geluti bisnis tersebut dengan bendera PT DheZign Online Solution, mulai terlihat hasilnya. Di awal 2010 lalu, ia mendapatkan anugerah sebagai juara pertama dalam ajang Wirausaha Muda Mandiri 2009 kategori industri kreatif mahasiswa.

Terkait dengan tema, Brian menjelaskan, spotlight itu adalah sesuatu yang susah didapat dan dipertahankan. Kalau sudah didapat, haruslah dipertahankan. Bagaimana untuk mendapatkannya?

Beberapa tips Brian antara lain: Eksislah. Dengan eksistensi yang baik, bisnis juga akan terbantu. Jadilah artis dalam area bisnis Anda. Kemudian, Jadilah seseorang yang unik. Carilah keunikan dari diri Anda, kembangkan itu, dan jangan takut untuk berbeda. Dengan keunikan yang Anda miliki, Anda akan lebih mudah dicari dan ditemukan.

Ikutilah kontes (ajang awarding). Berusahalah untuk menang. Tapi jikalau memang tidak menang, minimal Anda bisa berkenalan dengan orang-orang hebat di ajang tersebut.

Punyailah prinsip yang kuat. Orang-orang sukses seperti Steve Jobs dikenal memiliki prinsip yang kuat. Jika Anda yakin prinsip Anda bisa bersinergi dengan kesuksesan bisnis, pelihara prinsip Anda tersebut.

Bergaullah dengan lingkungan bisnis Anda. Jalin relasi yang kuat. Bersahabatlah dengan orang-orang di sekitar bisnis Anda. Anda tidak pernah tahu kapan Anda memerlukan bantuan.

Namun ingat, tidak semua orang punya kenyamanan untuk menjadi terkenal. Terkadang ada orang yang lebih suka tidak dikenal tetapi bisa dengan khidmat menjalankan bisnisnya. Dan juga harus diperhatikan bahwa tidak semua orang bisa menyukai kita. Oleh sebab itu, lakukanlah secara proporsional.

Untuk mencapai spotlight memang butuh waktu yang agak panjang dan tenaga yang cukup ekstra. Namun itu merupakan investasi jangka panjang. Jika sudah bisa mencapainya, beruntunglah Anda, karena pada tahap itulah banyak tangan-tangan gaib yang membantu kesuksesan bisnis Anda.

Loading Facebook Comments ...