Brian Arfi : Bisnis Online Bisnis yang Solid

Waktu-di-Fowab1-223x300

Blog Dhezign.com | Monetizing the Net. Itulah tema utama yang diangkat dalam sesi Forum Web Anak Bandung (FOWAB) #2 pada Jumat, 21 Mei 2010. Beberapa pembicara yang didatangkan pada acara tersebut antara lain: Danny Oei Wirianto dari Kaskus.us, Andi Sikumbang dari TemplatePlazza, dan Brian Arfi dari DheZign Online Solution.

Pada kesempatan itu Brian mempresentasikan bagaimana ia membangun dan mengembangkan toko online yang dimilikinya, PernikMuslim.com. Brian mengawali presentasinya dengan menjelaskan struktur bisnis PernikMuslim sekaligus struktur kerja di dalamnya. PernikMuslim merupakan bagian dari PT DheZign Online Solution yang pengelolaannya dipegang oleh seorang manajer dan beberapa orang yang ada dalam divisi keuangan, administrasi, costumer support, public relations, serta bagian umum.

Brian kemudian menjelaskan mengapa ia membangun toko online dan ingin terus mengembangkannya. Menurutnya potensi bisnis online di Indonesia sangat besar, mengingat jumlah pengguna Internet yang semakin bertambah dan tren transaksi melalui toko online yang juga mengalami peningkatan. Apalagi dengan adanya social media yang menjadikan internet lebih sering dikunjungi. Artinya, makin banyak kesempatan untuk mencoba berbagai macam srtrategi social media marketing untuk menarik para pecandu social media agar mengunjungi toko online dan bertransaksi di sana.

Selanjutnya Brian mulai menceritakan bagaimana awal mula sistem bisnis PernikMuslim. PernikMuslim awalnya hanyalah toko online dengan sistem makelar. Mereka tidak mempunyai barang, tetapi berani menawarkan barang. Barang baru akan dibeli setelah ada yang memesan. Dalam hal desain, web PernikMuslim.com pun awalnya masih sangat sederhana dan jelek. Namun, setelah bisnisnya berkembang, tampilan web lebih bagus, fitur-fiturnya semakin lengkap, dan barang pun bisa distok.

Beberapa insight yang dibagikan dari Brian seperti yang ditulis dalam Daily Social, untuk mereka yang tertarik bergelut dalam bidang penjualan lewat web, antara lain: belilah domain dan jangan gunakan yang gratisan, karena kita bisa punya kontrol lebih atas situs serta bisa memaksimalkan SEO, kemudian siapkan ‘perlengkapan’ bisnis secara baik, seperti service (layanan chat, telepon, e-mail), kemudian sistem pembayaran, tidak hanya bergantung pada satu bank tertentu saja. Brian menggunakan 5 bank untuk pembayaran di PernikMuslim. Lalu pelayanan harus cepat, dan yang terpenting juga harus mengontrol pengiriman, karena service web baik tapi pengiriman buruk tidak akan membuat pelanggan puas.

Salah satu hal penting lain yang disampaikan Brian adalah, bisnis online/ internet merupakan bisnis yang solid. Meskipun pertumbuhannya di Indonesia lambat, tapi tetap stabil. Kuncinya adalah pada edukasi pasar. Pasar harus diberikan pemahaman bahwa internet akan semakin memudahkan orang dan akan semakin banyak orang yang memakainya.

Loading Facebook Comments ...