Brian Arfi : Berbicara di Seminar Entrepreneur ITS tentang Berbisnis Islami

piagam-pembicara-di-ITS

Blog Dhezign.com | Dalam agama Islam, kita mengenal Rasulullah Muhammad SAW sebagai suri tauladan yang baik dalam segala macam hal. Termasuk dalam hal berbisnis. Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah adalah pedagang yang sangat baik. Dengan kebaikannya itu pula, banyak orang yang percaya untuk berbisnis dengan beliau.

Minggu, 25 April 2010 saya diundang oleh mahasiswa dari Masyarakat Studi Islam Ulul Ilmi Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya untuk berbagi kisah tentang keteladanan Rasul Muhammad SAW dalam berbisnis dan bagaimana cara menerapkannya.

Saya tak tahu mengapa mereka mengundang saya untuk berbicara tentang hal tersebut. Tapi menurut mereka saya cocok untuk menyampaikan materi tersebut. Mungkin karena saya mengelola PernikMuslim.com, sebuah toko online yang menyediakan berbagai macam materi, pernak-pernik islam. Tapi, okelah. Saya akhirnya bersedia untuk berbagi kisah, karena saya pikir, tidak ada salahnya untuk berbagi cerita cara berbisnis yang islami.

Di Ruang Seminar Perpustakaan ITS, kepada para peserta seminar, yang rata-rata mahasiswa yang ingin berbisnis, saya katakan bahwa pada prinsipnya, bisnis yang islami adalah bisnis yang membisniskan barang-barang yang tidak dilarang oleh agama islam dan dilakukan dengan cara yang tidak dilarang oleh islam.

Misalnya, jangan sampai kita membisniskan minuman keras, barang-barang maksiat, dan barang-barang lain yang diharamkan. Kemudian, ketika kita berbisnis, kita harus memegang teguh prinsip saling rela, saling ridho, jujur, mengedepankan kualitas (mutu), dan tidak riba.

Rasul Muhammad SAW pun pada banyak riwayat diceritakan bahwa dalam berbisnis, beliau memperlihatkan dengan jelas apa yang dijualnya, menjelaskan dengan benar, tidak berbohong kepada pembeli, serta mengutamakan kepuasan pelanggannya.

Kemudian, tentang jiwa entrepreneur Rasul Muhammad, banyak juga yang bisa diambil pelajaran. Misal, tentang kerja keras beliau, pantang menyerahnya, tentang rajinnya, tentang pelayanannya kepada konsumen, serta tentang cara manajemen bisnis yang baik.

Dalam pandangan saya, Rasul Muhammad SAW memang pantas untuk menjadi suri tauladan dalam hal bernisnis, berwirausaha. Teladan-teladan dari beliaulah yang selama ini juga selalu saya coba untuk praktekkan dalam bisnis yang saya kelola, baik di PernikMuslim.com maupun di DheZign.com.

Saya mempunyai keyakinan, jika mau menerapkan model bisnis yang jujur, saling percaya, tidak tipu-menipu, mengutamakan kualitas, serta melayani pelanggan dengan baik, saya yakin bisnis tersebut akan sukses dan hasilnya pun berkah.

Loading Facebook Comments ...