Brian Arfi : Bagaimana Memulai Bisnis Secara Mandiri?

presentasi-WMM09-jatim2-300x200

“Yang harus disiapkan untuk memulai bisnis adalah mental yang kuat.”

Blog Dhezign.com | Rabu, 12 Januari Brian Arfi CEO PT DheZign Online Solution mendapat kehormatan untuk “mengajar” di kelas “Entrepreneurship” di Akademi Berbagi.

Apa itu Akademi Berbagi? Menurut website-nya Akademi Berbagi adalah tempat informasi kelas-kelas pendek, diajar oleh para ahli dan praktisi. Pedaftaran dan informasi bisa dilihat melalui twitter : @akademiberbagi

Ada beberapa kelas yang diajarkan di Akademi Berbagi, di antaranya: kelas Copy writing, Art Directing, Creative, Online Jurnalism, Social Media, Fotografi, Script Writing, PR, Kelas Financial Plan, serta Entrepreneurship. Kelas Entrepreneurship yang diselenggarakan di kantor FortunePR merupakan kelas baru.

Pada kelas itu Brian menyampaikan materi bagaimana memulai bisnis sendiri. Menurut Brian, jika ingin memulai usaha pertama harus siap mental. Dunia wirausaha itu penuh ketidakpastian. Beda dengan menjadi karyawan yang bisa menerima gaji setiap bulan. Jika jadi wirausahawan, belum tentu ada pemasukan dalam satu bulan, tapi juga bisa jadi dapat pemasukan besar.

Kemudian, yang perlu dipersiapkan selanjutnya adalah skill dan pengetahuan. Usahakan berbisnis untuk memanfaatkan skill yang sudah Anda punya sebelumnya. Hal itu akan lebih mempermudah Anda, karena tak butuh banyak waktu lagi untuk mempelajarinya. Dapatkan ilmu dari mana saja. Perkaya wawasan dengan dunia bisnis yang sedang Anda geluti.

Selanjutnya, perkuat relasi. Relasi itu sangat penting untuk pengembangan bisnis Anda. Umpamakan saja relasi itu sebuah tabungan yang bisa Anda ambil di suatu saat nanti ketika Anda butuhkan. Relasi bisa memperluas jangkauan bisnis.

Bisnis juga butuh integritas. Kalau tidak punya yang satu ini, pasti Anda
akan gampang menyerah. Dan tentu saja, Anda juga harus paham konseksuensi. Yaitu, bahwa misalnya, waktu yang Anda habiskan harus lebih banyak dibanding orang kerja pada umumnya.

Jika Anda pekerja yang ingin juga berbisnis, pilih bisnis yang simpel dan sudah jadi, misal: franchise. Ini lebih baik daripada Anda memulai sendiri dari awal, yang belum teruji keberhasilannya.

Jika bisnis Anda ingin berkelanjutan, tentukan tujuan dari bisnis yang lebih tinggi, lebih dari sekedar uang, kemudian tentukan goal jangka pendek serta jangka panjang, dan bangun budaya.

Budaya dalam bisnis Anda sedikit demi sedikit harus dibangun, untuk menjaga stabilitas serta keberlangsungan hidup bisnis. Anda tentu bercita-cita, bisnis Anda akan tetap hidup meski Anda sudah meninggal, bukan? Selamat berwirausaha.

Loading Facebook Comments ...