Berbagi Pengalaman Mengelola Toko Online

Berbagi Pengalaman Mengelola Toko Online

Blog Dhezign.com | Pertengahan Mei, PernikMuslim.com diundang untuk mengisi sesi kuliah tamu di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tepatnya pada 16 Mei 2012, diwakili Lusty Aulia Cosinta, Manajer Operasional PernikMusli.com menyampaikan beberapa materi terkait dengan e-commerce dan pengelolaan toko online.

Di depan empat kelas mahasiswa dari Jurusan Sistem Informasi ITS, Lusty memulai materinya dengan bercerita tentang sejarah didirikannya PernikMuslim oleh Brian Arfi dan istrinya. Hanya bermodal satu set komputer dan printer bekas pemberian mertua, Brian dan istrinya memulai usahanya. Istri Brian bertugas mendevelop dan mengelola website, sementara Brian mengurus persediaan barang, transaksi, dan promosi.

Berbagi Pengalaman Mengelola Toko Online

Di awal usahanya, tahun 2006, Brian sangat kesulitan mendapatkan kepercayaan pemilik barang untuk dijualkan barangnya melalui toko online PernikMuslim.com. Akhirnya, dengan berbagai cara untuk meyakinkan, ada satu toko buku di Surabaya yang bersedia untuk dipajang bukunya di web PernikMuslim.com.

Bulan pertama tidak ada penjualan. Bulan kedua ada satu penjualan. Brian senang. Akhirnya, ada juga yang membeli barang dari toko online-nya. Terus berjalan, hingga bisnis itu sekarang berkembang bagus. PernikMuslim.com telah menjadi salah satu rujukan utama toko online di Indonesia untuk produk muslim.

Mengapa membuat toko online? Lusty menjelaskan, beberapa alasan mengapa akhirnya yang dipilih adalah membuat toko PernikMuslim. Dengan modal yang tidak seberapa serta melihat peluang pasar bahwa ada kebutuhan para muslim untuk berbelanja secara online, maka dibuatlah toko online.

Lusty kemudian masuk ke materi yang lebih dalam membahas e-commerce. Menurut Lusty, ada dua jenis toko online. Pertama, yang sistemnya sudah terintegrasi dengan database perusahaan, sistem pembayaran online, dan user swalayan online. Kedua, toko online yang “hanya” memajang barang dagangan, ada deskripsi dan cara pembelian (bisa disebut sebagai katalog online).

Untuk tahap awal berbisnis online, Lusty menyarankan para mahasiswa untuk berlatih dengan menggunakan katalog online dahulu. Belum perlu menyetok barang, tapi lebih berperan sebagai marketer.

Hal penting yang ditekankan dalam materi Lusty terkait e-commerce adalah tentang service. Teknologi yang canggih jangan sampai malah menurunkan kualitas layanan. Usahakan agar konsumen mudah mengakses toko online dan nyaman berbelanja di toko online Anda. Berikan pelayanan yang baik ketika konsumen mengontak Anda.

Pada saat pengemasan dan pengiriman barang juga harus teliti. Sebagai pemilik toko online, Anda juga harus mengontrolnya dengan benar, agar barang bisa sampai dengan baik dan tepat waktu. Dan yang tak kalah pentingnya adalah service after sales. Memberi perhatian kepada konsumen adalah hal penting, agar mereka setia.

Loading Facebook Comments ...