MIT School Muslimah : Bagian – Bagian X-Code

X-Code

Ini adalah tutorial Xcode untuk pemula jadi saya akan mulai dari men-download Xcode 7 dan memperkenalkan Anda bagian bagian dari X-Code.

Where Can You Download Xcode?

Cara termudah untuk mendapatkan Xcode adalah melalui Mac App Store. Anda juga dapat men-download secara manual jika Anda tidak memiliki Mac App Store. Cukup kunjungi halaman Apple Developer page for XCode.

Demystifying The Xcode Interface
Anda juga dapat memeriksa di Apple Documentation for XCode.
Sekarang mari melihat diagram di bawah. Jika interface Anda terlihat berbeda, pastikan Anda memiliki Xcode 7 dan tidak versi sebelumnya.xcode_7_workspace_diagramSeperti yang Anda lihat dari diagram, ada 4 bidang utama: Navigator, Editor Area, Debug Area dan Utility Area .

Perlu diingat bahwa Anda dapat menyesuaikan ukuran masing-masing panel dengan mengarahkan kursor ke batas masing-masing daerah dan drag/seret.

Anda juga dapat menampilkan dan menyembunyikan berbagai daerah yang diperlukan melalui “View” tombol di sudut kanan atas:Xcode_7_ViewToggleHal ini dapat membantu, misalnya, ketika Anda menulis kode dan Anda tidak perlu daerah debugger atau daerah utilitas. Kemudian Anda dapat menggunakan tombol View untuk menyembunyikan mereka 2 panel untuk memberikan editor Anda ruang lebih terlihat.

1. Navigator Area

Dalam panel ini, ada sekelompok navigator yang berbeda yang Anda dapat beralih antara menggunakan Navigator selector bar (lihat diagram). Tiga navigator yang akan Anda gunakan banyak adalah Project, Search and Issue navigators.

 *)Project Navigator
Di sinilah Anda akan melihat semua file yang terkait dengan proyek Anda.

Xcode_7_ProjectNavigator

Dalam project navigator, Anda juga dapat membuat “Grup” untuk mengatur file Anda di. Gotcha adalah bahwa ketika Anda membuat grup di navigator proyek (dengan mengklik kanan dan pilih Create Group), itu tidak benar-benar membuat folder di sistem file; hanya akan ada dalam proyek Xcode Anda sehingga saat membuat Grup di sini akan mengatur file Anda dalam Xcode, tidak akan mengatur file yang sebenarnya. Itu sebabnya saya lebih memilih untuk membuat direktori yang sebenarnya di harddisk, mengatur file dan kemudian drag mereka kembali ke dalam proyek Xcode.

Anda juga dapat klik kanan pada navigator proyek dan membuat file baru atau menambahkan file yang ada untuk proyek Anda. Atau Anda dapat menyeret folder atau file dari komputer Anda langsung ke navigator proyek dan akan muncul dialog menanyakan bagaimana Anda ingin menambahkan file.
Jika Anda klik pada file di navigator proyek, maka akan muncul isi file di daerah Editor. Jika Anda klik dua kali file sebagai gantinya, ia akan membuka jendela baru yang dapat berguna ketika Anda memiliki dual monitor.

Xcode_7_ProjectSettings

*)Search Navigator

Dengan Search Navigator tab, Anda dapat dengan mudah mencari potongan teks dalam proyek Anda.

Xcode_7_SearchNavigatorAnda akan sering menggunakan ini ketika Anda sedang mencari properti, metode atau variabel tertentu dan Anda tidak ingat persis di mana itu.

*)Issue Navigator

Issue navigator akan menunjukkan semua masalah pada aplikasi anda.

Xcode_7_IssueNavigator

Ketika Anda membangun dan mengkompilasi aplikasi Anda untuk menguji, jika ada beberapa masalah di mana Xcode tidak bisa mengoperasikan aplikasi Anda,  maka proses akan dihentikan dan menunjukkan kesalahan berwarna merah di Issue Navigator. Anda dapat klik pada kesalahan dan ia akan menampilkan di area editor dimana file dan baris itu salah.

Hal ini juga akan menampilkan Peringatan kuning dalam Issue Navigator. Meskipun menyelesaikan peringatan ini tidak diperlukan untuk membangun aplikasi Anda, mereka memperingatkan bahwa mungkin ada potensi masalah.

2. Editor Area
Editor Area adalah di mana kita mungkin akan menghabiskan sebagian besar waktu kita! Ini adalah di mana semua coding terjadi.

Xcode_7_EditorArea

Seperti disebutkan di bagian project navigator, ketika Anda mengklik file di sana, itu akan membuka isi di editor area ini bagi Anda untuk mengedit isi. Namun, itu bukan satu-satunya cara untuk menavigasi ke file kode yang berbeda.

-Navigasi dalam area editor
Ada ini sedikit kembali dan tanda panah maju di sudut kiri atas area editor. Sayangnya tanda panah ini tidak berlabel dalam diagram Xcode Interface. Di awal artikel ini jadi saya akan memanggil mereka “Xcode back dan forward arrows” dan menampilkan gambar mereka di sini:

Xcode_7_EditorBackForwardArrows

Orang-orang ini sebenarnya cukup berguna. Mereka bertindak seperti tombol back dan forward pada browser Anda dan mereka membiarkan Anda menavigasi ke file yang sebelumnya dilihat.

Cara lain untuk cepat sampai ke file yang Anda butuhkan adalah dengan menggunakan Jump Bar (lihat diagram). Jump bar memungkinkan Anda dengan cepat menelusuri melalui grup Anda dan menemukan file yang Anda butuhkan. Ini terlihat seperti catatan singkat di bagian atas area editor tetapi ketika Anda mengklik segmen itu, itu akan membuka menu dengan grup lain di tingkat hirarki:

Xcode_7_EditorAreaJumpBars

Jika Anda mengklik segmen Jump bar (yang merupakan file saat Anda sedang melihat), itu akan membuka menu yang menunjukkan Anda semua metode dalam file yang tidak hanya berguna untuk melompat ke area lain di dalam file , tapi ia akan menampilkan sekilas apa metode yang tersedia dalam file ini.

Xcode_7_EditorAreaJumpBarMethodMenu

-Tiga jenis Editor views
Editor area memiliki tiga pandangan yang berbeda dan Anda dapat beralih di antara mereka dengan set tombol di sudut kanan atas:

Xcode_7_EditorAreaViewButtons

  1. Tombol paling kiri adalah untuk editor tunggal  pane view yang baik untuk layar laptop kecil jika saya tidak memiliki monitor eksternal.
  2. Tombol tengah adalah Asisten Editor view yang akan menunjukkan file terlampir ke file yang sedang Anda lihat. Sepertinya tampilan dua pane. Misalnya, jika Anda sedang melihat sebuah file ViewController.swift, panel kanan akan menampilkan file kelas yang terkait untuk ViewController itu. Setiap panel juga memiliki _ bar independen, sehingga Anda juga dapat menggunakannya untuk mengubah apa file masing-masing panel yang menampilkan.
  3. Tombol kanan adalah Version Editor view di mana Anda dapat membandingkan dua file.

XCode_7_AssistentEditorView

-Interface Builder View
Sejauh ini kita telah berbicara tentang mengedit file kode dan kode menulis, namun Xcode memiliki interface builder terintegrasi dalam dan ketika Anda melihat file XIB Storyboard atau, editor area akan berubah menjadi desainer visual.

Xcode_7_EditorAreaXIBInterfaceBuilder

-Mencari dan mengganti dalam file

Hanya tekan Command-F untuk memunculkan popup pencarian di pojok kanan atas yang akan mencari apa pun yang Anda ketik di dalam file saat ini. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk melompat ke berbagai daerah file Anda. Anda juga dapat menggunakan popup ini untuk melakukan penggantian dalam file Anda.

-Jumping ke definisi
Jika Anda melihat beberapa kode dan Anda melihat nama kelas yang ingin Anda melompat ke definisi, Anda dapat menekan dan menahan Command dan klik nama kelas untuk dengan cepat beralih ke file itu.

-Breakpoint gutter

Breakpoint gutter (lihat diagram di atas) adalah di mana Anda dapat mengklik untuk mengatur breakpoints pada baris tertentu dari kode. Ketika Anda menetapkan breakpoint, Anda akan melihat indikator biru muncul. Untuk mematikan breakpoint, cukup klik indikator biru lagi dan itu akan redup keluar.

Xcode_7_EditorAreaBreakpoint

Jika Anda ingin benar-benar menghapus breakpoint, Anda dapat klik dan drag indikator biru off dari selokan breakpoint.

Untuk melihat daftar semua breakpoints yang ditetapkan dalam proyek Anda, ada tab “breakpoint navigator” di daerah Navigator.

Ada juga pengalih global untuk mengaktifkan breakpoint atau menonaktifkan di bagian atas editor area yang akan kita lihat ketika kita meninjau toolbar.

3. Utility Area

Utility area Xcode terdiri dari dua panel: Inspector pane dan library pane.

Xcode_7_UtilityArea

Inspector pane akan memberikan rincian tentang file yang Anda punya disorot dalam navigator proyek Anda. Namun, ketika Anda sedang melihat sebuah file XIB / storyboard, panel inspektur akan menampilkan atribut yang berbeda yang dapat Anda modifikasi untuk elemen yang dipilih.

Xcode_7_XIBInspector

Library pane tidak akan sangat berguna baik sampai Anda sedang melihat sebuah file XIB / storyboard. Bila Anda menggunakan Interface Builder bagian dari Xcode, Anda dapat menyeret elemen UI dari library pane ke area editor untuk menambahkan elemen yang ke antarmuka pengguna Anda.

4. Debug Area

Debug area akan menampilkan konsol output dan keadaan berbagai variabel ketika Anda menjalankan aplikasi Anda.

Xcode_7_DebugArea

Anda akan sering menggunakan ini saat debugging kode dan mencoba untuk mencari tahu mengapa suatu hal tidak bekerja seperti yang Anda harapkan. Saya harus menulis tutorial Xcode debugger terpisah karena ada terlalu banyak untuk disebutkan di sini.

5. Toolbar

Xcode_7_Toolbar

Tombol di sebelah kiri adalah tombol run. Ini akan membangun dan menjalankan aplikasi Anda dan menjalankan aplikasi Anda di iOS Simulator. Tombol di samping itu akan menghentikan eksekusi / proses aplikasi Anda dan Anda kembali ke Xcode.
Jika Anda klik dan tahan tombol Run, Anda akan mendapatkan lebih banyak pilihan untuk menjalankan aplikasi Anda:

Xcode_7_RunOptions

Test untuk menjalankan unit test Anda jika Anda memilikinya dalam proyek Anda.

Profil untuk mengukur berbagai aspek aplikasi Anda seperti kinerja, penggunaan memori dan banyak lagi.

Menganalisis membiarkan Xcode menganalisa kode Anda dan memeriksa kebocoran potensial atau cara yang kurang baik.

Anda dapat membaca lebih lanjut tentang tindakan ini di Apple iOS Documentation.

Dropdown di samping tombol Stop menunjukkan yang membangun target Anda yang ingin dijalankan (Anda dapat menjalankan target Apel Watch juga) dan Anda juga dapat memilih jika Anda ingin menjalankannya di bawah simulator iPhone atau iPad (atau versi yang berbeda jika telah _ diinstal ). Pemilihan “iOS device” adalah dengan menjalankan aplikasi pada perangkat Anda jika memilikinya terpasang dan benar ditetapkan.

Xcode_7_RunTargetAndOptions

Dan di sisi paling kanan dari toolbar, kita memiliki tombol Editor views , tombol untuk beralih ke berbagai panel Xcode on atau off dan Organizer button.

6. Xcode Organizer

Organizer terletak di menu Window entry -> Organizer button dan menampilkan jendela terpisah yang disebut Organizer.

Xcode_7_Organizer

Device
Ada banyak hal yang bisa dilakukan di jendela device (keyboard shortcut ⌘ ⇧ 2). Namun, penggunaan utama adalah untuk mengelola profil penyediaan Anda pada sistem Anda dan pada berbagai perangkat.

7. IOS Simulator

Anda dapat menguji aplikasi anda di IOS simulator dengan menekan tombol Run

Xcode_7_iOS_Simulator

Anda benar-benar dapat melakukan banyak dengan simulator termasuk:
-Device rotation
-Simulating various GPS coordinates
-Device shake
-Simulating low memory scenarios

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu para pembaca
Terimakasih

Astri Novia Putri
Madani IT School Muslimah

Loading Facebook Comments ...